Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UJI KIR SWASTA: Mitsubishi Ajukan 3 Bengkel

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation mengajukan sebanyak 3 unit bengkel untuk menjadi penyedia layanan uji kir swasta.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 13 Juni 2017  |  15:02 WIB
Mitsubishi - Reuters/Maxim Zmeyev
Mitsubishi - Reuters/Maxim Zmeyev

Bisnis.com, JAKARTA - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation mengajukan sebanyak 3 unit bengkel untuk menjadi penyedia layanan uji kir swasta.

Saat ini, pengajuan itu telah diproses di Kementerian Perhubungan untuk kemudian mendapatkan sertifikasi. Sertifikasi ini merupakan legalitas untuk mengoperasikan layanan uji kir.

"Saat ini ada 3 bengkel yang kami daftarkam tapi masih belum bisa beroperas karena masih menunggu sertifikasi Kementerian Perhubungan dulu," kata Direktur Marketing Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation Marketing Division Duljatmono kepada Bisnis, Selasa (13/6/2017).

Keterlibatan swasta dalam penyediaan fasilitas uji kir diatur dalam UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sejak diundangkan pada 2009, implementasi uji kir oleh swasta itu baru bisa dilakukan pada tahun ini.

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto menambahkan jumlah bengkel yang mendaftar ke Kementerian Perhubungan akan terus bertambah. Pasalnya, pemerintah juga tidak membatasi keterlibatan swasta dalam program ini.

Menurutnya, semakin banyak bengkel atau dielr yang terlibat maka akan sangat menguntungkan pengguna jasa uji kir. “Dan masing-masing APM harus bersaing untuk mmeberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uji kir Bengkel Mitsubishi
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top