Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gaikindo Optimis Penjualan Mobil 2017 Lebih Kinclong

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis penjualan otomotif di tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu dengan perkiraan penjualan mencapai 1,1 juta unit.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 27 Januari 2017  |  17:17 WIB
Gaikindo Optimis Penjualan Mobil 2017 Lebih Kinclong

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis penjualan otomotif di tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu dengan perkiraan penjualan mencapai 1,1 juta unit.

"Alhamdulillah, realisasi total penjualan untuk wholesale [pengiriman ke dealer] mencapai 1,061 juta unit. Untuk penjualan ritel masih dihitung karena data belum masuk semua. Namun biasanya angkanya lebih tinggi dari penjualan wholesale," kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara yang dihubungi Bisnis.com, Jumat (27/1/2017).

Dia menjelaskan perkiraan terjadinya peningkatan penjualan otomotif di tahun 2017, tidak terlepas dari faktor semakin membaiknya perekonomian nasional sehubungan dengan menggeliatnya proyek-proyek infrastruktur yang digerakkan oleh pemerintah. Hal tersebut bakal mendorong peningkatan permintaan terhadap otomotif dan daya beli masyarakat yang ikut terdongkrak.

"Selain itu, kita bisa saksikan bersama adanya tren kenaikan harga-harga komoditas seperti batu bara, kelapa sawit, yang selama ini menjadi komoditas andalan ekspor nasional. Faktor ini ikut menopang terjadinya kenaikan permintaan terhadap otomotif," ujarnya.

Menurut dia, peningkatan penjualan otomotif akan terjadi di wilayah-wilayah yang proyek infrastruktur sedang berjalan dan daerah pusat komoditas ekspor a.l. Bali, Lombok, Sulawesi dan Kawasan Timur Indonesia lainnya, dengan perkiraan kenaikan penjualan di kisaran 16%-20%.

"Kalau Pulau Jawa hanya tumbuh sekitar 8%," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaikindo penjualan mobil
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top