Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akibat Skandal Emisi, Denda Tambahan VW Mencapai US175 Juta

Volkswagen AG telah setuju untuk membayar US$175 juta kepada pengacara di Amerika Serikat yang menggugat atas nama pemilik 475.000 kendaraan yang terdampak skandal uji emisi mesin diesel
./.
./.

Bisnis.com, WASHINGTON— Volkswagen AG telah setuju untuk membayar US$175 juta kepada pengacara di Amerika Serikat yang menggugat atas nama pemilik 475.000 kendaraan yang terdampak skandal uji emisi mesin diesel.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (15/10/2016), dengan kesepakatan tersebut, VW harus mengeluarkan total dana hingga US$16,7 miliar.

Selain digunakan untuk membayar kompensasi bagi pemilik kendaraan yang terdampak, jumlah tersebut akan digunakan pula untuk membayar denda dari regulator di AS dan kompensasi bagi dealer.

Sebelumnya, pada September 2015 VW mengakui menggunakan software canggih pada beberapamodel kendaraan termasuk merek Audi untuk mengelabui tes emisi gas buang.

Hal itu membuat kendaraan VW yang dijual sejak 2009 mengeluarkan hingga 40 kali tingkat polusi yang diijinkan secara hukum di Amerika Serikat. Namun akibatnya, jutaan kendaraan di seluruh dunia terkena dampak.

Di sisi lain, manajemen pabrikan asal Jerman itu masih dalam tahap negosiasi dengan regulator di AS terkait apakah VW harus membeli kembali 85.000 lebih model Porsche 3.0-liter, Audi dan merek VW lainnya atau hanya menawarkan kompensasi tambahan bagi para pemilik kendaraan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper