Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda dan Yamaha Bekerjasama Produksi Skutik di Jepang

Dua pabrikan sepeda motor asal Jepang, Honda Motor Co Ltd dan Yamaha Motor Co Ltd menyatakan akan bekerjasama untuk mengembangkan skuter bagi pasar domestik di negeri Matahari tersebut
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, TOKYO—Dua pabrikan sepeda motor asal Jepang, Honda Motor Co Ltd  dan Yamaha Motor Co Ltd menyatakan akan bekerjasama untuk mengembangkan skuter bagi pasar domestik di negeri Matahari tersebut.

Kerjasama itu mengubur persaingan yang sudah terjadi sejak puluhan tahun. Hal itu dilakukan untuk mengkonsolidasikan produksi dalam menanggapi pasar sepeda motor yang terus menyusut di sana.

Honda, sebagai merek sepeda motor dengan penjualan terbesar di dunia akan mulai memproduksi model mesin skutik Yamaha 50-cc untuk pasar domestik di pabriknya yang berada di selatan Jepang pada akhir 2018.

Mesin tersebut akan mengacu pada platform manufaktur untuk model skuter kecil Honda.

Kedua perusahaan mengatakan bahwa penyatuan sumber daya akan menjadi cara untuk mengurangi peningkatan biaya dalam mengembangkan teknologi skuter baru. Hal itu pun diharapkan akan mengimbangi peraturan emisi yang semakin ketat seiring menurunnya penjualan skutik domestik.

"Perlambatan di pasar skuter terlihat dalam beberapa tahun terakhir telah membuat bisnis di sektor tersebut sangat sulit bagi kedua perusahaan, sehingga kemitraan akan sangat menguntungkan," kata  Operating Officer Honda Shinji Aoyama seperti dikutip dari Reuters, Jumat (7/10).

Kedua perusahaan mengatakan kemitraan terbatas di pasar Jepang.  Executive Officer Yamaha Katsuaki Watanabe mengatakan memproduksi model Yamaha di pabrik Honda berbuah biaya lebih efisien daripada harus mengimpor skutik Yamaha  dari Taiwan.

Sepeda motor adalah produk kunci dari kedua perusahaan, meskipun penjualan domestik berkontribusi sedikit untuk pendapatan global.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper