Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GIIAS 2016: Booth Lexus Cerminan Akulturasi Budaya Indonesia-Jepang

Acara Gaikindo Indonesia Internation Auto Show (GIIAS) 2016 bukan hanya ajang bagi pabrikan otomotif untuk memarkan produk terbaiknya. Acara tersebut, dimanfaatkan pula oleh pabrikan otoomotif dalam mmeperlihatkan visinya membuka pasar di Tanah Air
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Acara Gaikindo Indonesia Internation Auto Show (GIIAS) 2016 bukan hanya ajang bagi pabrikan otomotif untuk memarkan produk terbaiknya. Acara tersebut, dimanfaatkan pula oleh pabrikan otoomotif dalam mmeperlihatkan visinya membuka pasar di Tanah Air.

Seperti booth Lexus yang mengusung temaVisionary Anticipation yang merupakan hasil dari akulturasi budaya Indonesia dan JepangPengunjung diklaim akan memperoleh pengalaman tak terlupakan karena mata, hidung, telinga, tangan dan kaki akan dimanjakan oleh perpaduan keagungan akulturasi budaya tersebut.

General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja mengatakan booth Lexus pada GIIAS 2016 tersebut dirancang dengan matang dan rinci. Setiap sisinya memiliki makna terkait dengan filosofi Omotenashi yang berarti melayani dengan ketulusan dan sepenuh hati, yang dipadu dengan keagungan  karya budaya lokal.

“Menggunakan semangat yang diambil dari konsep Lexus Global Booth, yaitu bernuasa modern dan dinamis saat dilihat dari luar. Namun, pada bagian interior kami menampilkan sesuatu yang spesial berupa paduan budaya Indonesia dan Jepang yang diharapkan dapat memberikan semangat dan juga kehangatan di dalam booth.,” kata Adrian Tirtadjaja,dalam keterangan persnya, Sabtu (13/8).

Akulturasi budaya lokal Indonesia dan budaya Jepang, dapat dilihat dari sisi interior pada booth yang menggunakan  bahan dasar bambu. Hal itu pun didukung ornamen khas Indonesia berupa batik bermotif Kawung yang merupakan simbol dari keramahan, dedikasi serta loyalitas.

Batik Kawung menjadi inspirasi Lexus Indonesia untuk melayani pelanggan dengan ketulusan dan loyalitas tinggi. Sedangkan kulit keras buah Kawung menggambarkan kegairahan, keyakinan serta daya tahan. Sementara buah lembut mewakili ketulusan dan kehangatan.

Nuansa budaya Jepang digambarkan pula dengan sangat apik melalui taman dan musik yang menenangkan di dalam area lounge, serta hamparan putting green golf – yang menjadi hal yang benar benar baru dan pertama kali di GIIAS - yangmencerminkan kedinamisan hidup.

Hal tersebut menggambarkan filosofi Zen dalam budaya Jepang sebagai refleksi ketenangan, kehangatan dan kebahagiaan.

Lexus Indonesia menginginkan pengunjung merasakan suasana hangat dan kekeluargaan, seperti prinsip Omotenashi dimana pelanggan sejak melangkahkan kaki untuk pertama kali memasuki booth langsung merasakan pelayanan dengan sepenuh hati.

“Intinya kami tak hanya menghadirkan kehebatan teknologi Lexus, tapi juga booth yang mampu menggambarkan prinsip Lexus dalam melayani pelanggan dengan sepenuh hati. Hal ini yang membedakan booth Lexus dengan brand premium lainnya,” ujarnya.

Di booth tersebut Lexus Indonesia memamerkan mobil segmen SUV, yaitu Lexus LX, RX, dan NX. Pada segmen Sedan, Lexus menampilkan Lexus LS, ES, GS. Lexus juga menampilkan dua mobil konsep yang menjadi brand presentation Lexus Indonesia di GIIAS 2016, yaitu Lexus LF-FC (Lexus Future-Fuel Cell) dan Lexus RC-F GT3


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper