Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENJUALAN MOBIL: Kurang Happy di Semester I, Toyota Tancap Gas

Pemimpin pasar otomotif di Tanah Air, Toyota Astra Motor (TAM), optimistis bisa menorehkan penjualan yang lebih baik pada semester kedua tahun ini.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 25 Juli 2016  |  09:35 WIB
PENJUALAN MOBIL: Kurang Happy di Semester I, Toyota Tancap Gas
All New Sienta, salah satu produk mobil terbaru Toyota yang diluncurkan pada April lalu - Ist
Bagikan

Penjualan Toyota Semester I-2016

Bulan

Penjualan (unit)

Pangsa pasar (%)

Januari

24.860

29,2

Februari

25.447

28,8

Maret

29.996

31,9

April

31.060

36,7

Mei

31.664

35,8

Juni

31.523

34,5

Total

174.550

32,8

sumber: Gaikindo, diolah

 

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin pasar otomotif di Tanah Air, Toyota Astra Motor (TAM), optimistis bisa menorehkan penjualan yang lebih baik pada periode Juli-Desember guna menebus capaian yang kurang menggembirakan di semester pertama tahun ini.

Dengan mengharapkan kinerja perekonomian nasional yang tumbuh lebih baik dan menghadirkan produk-produk otomotif terbaru serta inovatif, Toyota-Astra Motor yakin bisa membukukan pertumbuhan penjualan meski tidak begitu signifikan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, mengatakan membaiknya belanja pemerintah yang berefek mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat, diharapkan bisa menggenjot penjualan otomotif nasional di periode Juli - Desember 2016.

Indikator positif lainnya yakni tren menurunnya interest rate dan mulai menggeliatnya pasar komoditas ekspor nasional seperti batu bara, juga bakal ikut memberi dorongan kuat.

"Dan tidak kalah pentingnya adalah kehadiran produk-produk otomotif baru kami seperti Toyota Sienta yang sudah diluncurkan April lalu dan Toyota Calya yang akan diluncurkan pada Agustus mendatang," katanya kepada puluhan jurnalis peserta Test Drive Toyota Sienta di Bandung, akhir pekan lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Toyota di periode Januari-Juni 2016 mencapai 174.550 unit atau pangsa pasar 32,8%.

Di sepanjang 2015, Toyota membukukan total penjualan 325.939 unit atau 31,6% dari total penjualan seluruh merek sebanyak 1.031.422 unit.

Produk Baru

Henry meyakini kehadiran produk-produk baru seperti Sienta dan Calya akan lebih menggairahkan penjualan Toyota di semester kedua ini.

"Sinyal positifnya sudah mulai terlihat misalnya Sienta yang baru diluncurkan pada April lalu, sudah membukukan penjualan sebanyak 2.600-an unit dan ditargetkan dalam setiap bulannya di semester kedua terjual 3.500 unit. Kami yakin tren sama akan dicapai oleh Calya," ujarnya.

TAM segera mengirimkan 2.600 unit mobil keluaran terbaru mereka, multi activity vehicle (MAV) Toyota Sienta kepada para pemesan di seluruh Indonesia.

Toyota Sienta diluncurkan di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 pada 7 April 2016. Dari ajang IIMS sendiri, TAM menerima pesanan sebanyak 760 unit dan hingga akhir Juni lalu, total surat pemesanan kendaraan (SPK) mencapai 2.600 unit.

Mobil low multi passenger vehicle (MPV), Toyota Cayla, akan diluncurkan perdana di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di   Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, 11-21 Agustus mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota astra motor
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top