Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bom Thamrin Antar Charlene Menangkan Toyota Dream Car Art Contest

Tragedi bom Thamrin beberapa waktu lalu menggugah hati seorang anak berusia sembilan tahun bernama Charlene.
Juara Toyota Dream Car Art Contest Indonesia 2016 yang digelar PT Toyota-Astra Motor (TAM)/Antara
Juara Toyota Dream Car Art Contest Indonesia 2016 yang digelar PT Toyota-Astra Motor (TAM)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tragedi bom Thamrin beberapa waktu lalu menggugah hati seorang anak berusia sembilan tahun bernama Charlene.

Dia berimajinasi ada mobil yang bisa memberantas teroris, kemudian dia tuangkan dalam sebuah gambar. 

Karya Charlene memikat hati para dewan juri Toyota Dream Car Art Contest Indonesia 2016 yang digelar PT Toyota-Astra Motor (TAM). Charlene menyabet juara satu katgeori usia 8-11 tahun.

"Aku sedih waktu ada bom Sarinah. Terus aku dapat ide gambar. Kalau aku ke mal aku lihat orang bawa anjing untuk deteksi bom. Aku dapat ide ada mobil seperti anjing tersebut yang bisa deteksi bom dan tangkap teroris," kata Charlene, di booth Toyota Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Salah satu juri kontes tersebut, penggiat seni dan sosial media Anto Motul mengatakan, bahwa para juri dibuat takjub dengan imajinasi peserta kontes. Dewan juri lainnya antara lain ahli gambar di bidang seni dan ilustrasi Firdaus Husaini dan visual editor majalah Bobo Sigit Purnomo.

"Kami takjub, tidak menyangka anak Indonesia mempunyai impian yang dahsyat-dahsyat. Anak-anak punya imajinasi yang liar sekali," kata Anto.

"Karya mereka bisa jadi ide prototype. Toyota kan industri inovasi teknologi dan itu harus didorong," tambahnya.

Inisiatif

Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) Indonesia 2016 merupakan inisiatif Toyota Group secara global merangsang kreativitas anak-anak berusia dibawah 11 tahun yang telah digelar sejak tahun 2004.

Program TDCAC terbagi menjadi tiga kategori usia, yaitu kategori satu untuk peserta berusia di bawah delapan tahun, kategori dua untuk usia 8-11 tahun, dan kategori tiga untuk usia antara 12-15 tahun.

Sebanyak 6.130 karya masuk dan terpilih sembilan karya terbaik.

"Kontes ini bertujuan mewadahi generasi muda, mengembangkan bakat seni, dan mendorong kreativitas anak-anak. Jumlah karya yang masuk ke panitia juga meningkat 134 persen," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wowon Widaryat mengatakan, bahwa kontes seni tidak hanya membuat anak mempunyai kompetensi, tetapi juga berguna bagi persepsi emosi anak.

"Anak mampu mengendalikan emosi, perasaan sedih, senang bisa dicurahkan ke seni. Kepekaan terhadap alam menjadi lebih baik karena terbiasa buat sesuatu yang indah. Seni juga membantu anak mengekspresikan imajinasi dan mengapresiasi keindahan," jelas Wowon.

Para juara akan diundang ke Jepang untuk menghadiri Global Ceremony bulan Agustus nanti dan bersaing di tingkat global dengan para pemenang dari negara-negara lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper