Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2016: Wapres JK Berharap Ada Inovasi

Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 bisa memberikan aspirasi atas lahirnya inovasi di bidang industri otomotif.
Wakil Presiden M. Jusuf Kalla. /Bisnis.com
Wakil Presiden M. Jusuf Kalla. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 bisa memberikan aspirasi atas lahirnya inovasi di bidang industri otomotif.

"Mudah-mudahan IIMS ini memberi aspirasi atas inovasi, bagaimana perkembangan ke depan tentang industri mobil," ujarnya saat memberikan sambutan pada pembukaan IIMS di arena Pekan Raya Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Menurut dia, saat ini industri otomotif sedang mengalami dilema antara penggunaan bahan bakar dari energi yang terbarukan atau tetap menggunakan energi fosil.

Oleh sebab itu, lanjut dia, untuk saat ini yang bisa menjawab dilema tersebut adalah mobil listrik. "Mobil listrik di Amerika Serikat dalam beberapa bulan nilai ordernya sudah mencapai US$80 miliar," ujar Wapres.

Ia menganggap bahwa inovasi sudah tidak bisa dihindari, apalagi sekarang masyarakat menentukan pilihan berdasarkan pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

"Selain itu kostumer juga punya pilihan-pilihan lain, seperti teknologi dan servis. Karena hal itulah yang menentukan maju dan tidaknya industri masa depan," kata Wapes.

Dia juga menjelaskan bahwa tinggi dan rendahnya penjualan mobil ditentukan oleh tiga hal. "Yang pertama, jumlah penduduk. Lalu pertumbuhan ekonomi. Selain itu, panjang jalan. Penduduk kita lebih tinggi daripada Thailand, tapi di sana jalan lebih panjang daripada kita," ujarnya.

Oleh sebab itu, tambah dia, penjualan mobil sangat ditentukan oleh kemampuan pemerintah dalam membangun infrastruktur. "Kalau pemerintah tidak mampu membangun infrastruktur, maka jual mobil tidak akan bisa," kata Wapres.

Ia optimistis penyelenggaraan IIMS yang lebih awal dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya tersebut menjadi indikator industri dan perekenomian nasional melaju ke arah positif.

Pameran otomotif yang digelar di kawasan Kemayoran pada 7-17 April 2016 itu diikuti oleh 37 industri kendaraan bermotor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper