Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HYUNDAI NEW SANTA FE 2016 Siap Ladeni Perang SUV

Melihat tampang Hyundai New Santa Fe 2016 Edition ini seperti melihat sebuah kapal pesiar darat yang tangguh di segala medan. Hamparan garis pendukung tingkat aerodinamika menghampar jelas di bagian bonnet dan bodinya.
Hyundai Santa Fe
Hyundai Santa Fe

Bisnis.com, JAKARTA - Melihat tampang Hyundai New Santa Fe 2016 Edition ini seperti melihat sebuah kapal pesiar darat yang tangguh di segala medan. Hamparan garis pendukung tingkat aerodinamika menghampar jelas di bagian bonnet dan bodinya.

New Hyundai Santa Fe 2016 Edition diluncurkan PT Hyundai Mobil Indonesia pada Februari lalu, sekaligus meramaikan pasar SUV tujuh penumpang yang diisi oleh Toyota All New Fortuner, Mitsubishi All New Pajero Sport dan Ford All New Everest.

Dengan modal yang dimiliki Santa Fe bisa bersaing dengan rivalnya yang lain. Itulah kesimpulan yang kami dapatkan saat berkesempatan menjajal Santa Fe terbaru ini di kawasan Warung Banten, Lebak, Banten, akhir pekan lalu.

Tipe yang kami coba adalah yang menggunakan diesel 4-silinder 2.2-liter CRDi VGT. Tipe ini satu dari dua tipe yang ditawarkan Hyundai selain varian bermesin bensin 4-silinder 2.4-liter MPI D-CVVT.

Keduanya dibekali dengan transmisi otomatis 6-kecepatan Shiftronic dan penggerak roda depan. Meski masuk dalam jajaran SUV mid-size dengan dimensi ( 4.700 x 1.639 x 1.690 mm), tapi saat berada di dalam kabin Hyundai Santa Fe 2016 Edition ini ternyata tidak membuat kami canggung.

Kami tetap mendapatkan posisi duduk yang nyaman dengan visibilitas yang luas dan tidak terasa seperti SUV berukuran besar. Di tambah lagi dengan material soft touch berbahan kulit yang membungkus semua jok, dashboard, transmisi, dan kemudinya.

Sayang, fitur hiburan yang tersedia sangatlah simple hanya layar monochrome dengan layanan radio, USB/AUX, dan CD player. Tidak ada fitur canggih seperti layar LCD dan konektivitas Bluetooth untuk smartphone Anda. Tapi Hyundai New Santa Fe 2016 Edition ini tetap menyematkan fitur berkelas lain seperti cruise control, panorama sunroof dan drive mode.

O ya, Hyundai New Santa Fe ini memang dibekali dengan tiga mode pengendaraan yaitu eco, normal dan yang baru, sport. Pada mode eco respon mesin jauh lebih kalem, saat pedal gas diinjak akselerasi terasa sangat halus dan perpindahan transmisi dibuat jauh lebih kalem di bawah 2.000 rpm.

Ini demi menjaga efisinesi bahan bakar yang mampu mencapai 11,7 km/liter (rata-rata dalam kota). Berbeda pada saat mode pengendaraan sport, Anda akan mendapatkan tenaga 195 hp dan torsi 436 Nm bergerak brutal di putaran tinggi di atas 2.500 rpm.

Kemudinya terasa begitu presisi, tidak ada ruang kosong dan sangat komunikatif membaca pergerakan tangan. Meski hanya berpenggerak dua roda ia juga mampu meladeni medan-medan off road ringan seperti jalan bebatuan dan tanjakan curam.

Lewat sajian fitur dan performa yang ditawarkan oleh Hyundai New Santa Fe 2016 Edition rasanya banderol Rp 495 – 539 juta bisa menjadi pilihan lain di tengah sengitnya persaingan SUV 7-penumpang. (ALVANDO.NOYA@CARVAGANZA .COM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alvando noya*)
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (13/3/2016)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper