Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nissan Motor Bidik Pangsa Pasar di Atas 6%, Ini Strateginya

PT Nissan Motor Indonesia menargetkan penguasaan pangsa pasar mobil di atas 6% tahun depan melalui tiga brand yang bernaung di bawah perusahaan tersebut yaitu Nissan, Datsun, dan Infiniti
Nissan Grand Livina.
Nissan Grand Livina.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Nissan Motor Indonesia menargetkan penguasaan pangsa pasar mobil di atas 6% pada tahun depan melalui tiga merek yang bernaung di bawah perusahaan tersebut, yaitu Nissan, Datsun, dan Infiniti.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Steve Ardianto mengatakan target penguasaan pangsa pasar tersebut secara gradual ditingkatkan dari capaian tahun-tahun sebelumnya.

Dia menyebut target yang merupakan besaran pangsa pasar lebih realistis dipatok dari pada jumlah volume penjualan. Sebabnya, kuantitas penjualan sulit diperkirakaan terlebih saat kondisi ekonomi tidak stabil yang menyebabkan pasar fluktuatif.

“Tahun ini target pangsa pasar kami 6% dan sudah sekitar 5% lebih raihannya. Tahun depan kami berharap dapat di atas 6%,” katanya kepada Bisnis.com.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahun lalu pangsa pasar NMI sekitar 4,5% dengan total penjualan mobil di Tanah Air yang sebanyak 1,208 juta unit. Pada 2014, NMI berhasil membukukan penjualan sebanyak 54.317 unit.

Rinciannya, jumlah tersebut diperoleh dari penjualan Nissan sebanyak 33.789 unit, Datsun mencapai 20.520 unit dan Infiniti hanya 8 unit. Pada peiode Januari-Oktober 2015 total penjualan NMI dari ketiga merek tersebut mencapai 45.829 unit.

Rinciannya, penjualan Nissan mencapai 22.022 unit, Infiniti 7 unit, dan Datsun sebanyak 23.800 unit. Adapun jumlah total penjualan mobil di Indonesia pada periode yang sam mencapai 853.292 unit. Sehingga pada sepuluh bulan di tahun ini penguasaan pangsa pasar Grup Nissan sudah sebesar 5,4%.

Untuk merealisasikan hal itu, NMI akan melakukan pembaruan pada tulang punggung utama Nissan yaitu Grand Livina pada tahun depan. “Kami akan menggenjot Grand Livina karena masalah penjualan kami di Nissan ada di segmen MPV, model lain sudah ada yang baru. Sebagian besar penjualan kami dari Grand Livina sehingga kami akan melakukan penyegaran model2016,” ujarnya.

Dia pun mengatakan ketertarikannya menyasar penjualan di segmen low sport utility vehicle (SUV) untuk memperluas pasar NMI ke depan. Steve menyebut selama ini pihaknya selalu menyasar pasar menengah ke atas khususnya di kalangan pecinta SUV melalui X Trail.

Di sisi lain, konsumen pecinta SUV masih akan berkembang namun masih terbatasi oleh harga yang relatif tinggi. Oleh karena itu, konsumen harus ditawarkan varian di bawah X Trail. Akan tetapi dia tidak menyebut secara gamblang kapan atau seperti apa model yang dimaksud.

Sementara itu, Steve menilai angka penjualan Datsun yang sudah diraih NMI sudah cukup memuaskan. Dengan raihan tersebut raihan pangsa pasar Datsun di segmen low cost green car (LCGC) sesuai dengan ekspektasi pihaknya yaitu di kisaran 17% hingga 18%.

Untuk menggenjot pasar Datsun ke depan dia menuturkan harus menyasar fisrt car buyer . Saat ini Steve mengklaim rasio pasar pembeli mobil pemula yang menjadi konsumen Datsun ada di kisaran 50%. Persentase tersebut diakuinya menjadi paling besar dibandingkan LCGC dari merek lainnya.

“Dari ketiga brand strateginya berbeda Datsun lebih ke first car buyer lebih grass root sehingga kami menyasar komunitas,” ucapnya.

Meski tidak secara eksplisit, dia pun menyebut untuk memperluas pasar Datsun NMI akan meluncurkan produk terbaru. Adapun untuk merek Infiniti, karena merupakan segmen mobil premium pihaknya akan membuat brand tersebut lebih ekslusif.

Dia mengatakan, Infiniti harus dimulai dengan produk baru karena di kelas mobil mewah konsumen membeli kendaraan atas faktor emosional. Steve menilai, Infiniti harus berbeda dengan produk mobil mewah lainnya untuk mempertahankan ekslusifitas tersebut.

“Sehingga karakter dari Infiniti itu menjadi kuat. Karena konsumen mobil mewah di kelas ini selalu ingin berbeda dengan konsumen lainnya,” imbuh Steve.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper