Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEST DRIVE: Menjajal Ketangguhan SUV New Lexus RX

Lexus memperkenalkan produk barunya dalam acara RX Global Dynamic Press launch di Portland, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat, pekan lalu. Berikut ini laporannya.
New Lexus RX350 F Sport. /Lexus
New Lexus RX350 F Sport. /Lexus

Bisnis.com, PORTLAND, AS-- Udara sejuk di pinggiran sungai Willamette, negara bagian Oregon, Amerika Serikat, menemani 27 wartawan dari berbagai negara di Asia Pasifik yang berkumpul untuk menjajal ketangguhan mobil sport utility vehicle baru Lexus.

Sebanyak 14 mobil New Lexus RX sudah disiapkan di Colony, sebuah resort yang berlokasi tak jauh dari Jembatan St. Johns yang amat terkenal di Portland, Oregon, itu. Sebagian mobil itu menggunakan stir kanan, namun lebih banyak di antaranya yang menggunakan stir kiri. Ada 5 unit RX350, 5 unit RX450 hybrid, dan 4 unit RX200 turbo.

Awalnya para wartawan ini mencoba New Lexus RX secara berkelompok dalam iringi-iringan kecil dan bergantian antara mobil yang satu dengan mobil yang lain, sebelum acara bebas mengemudikan mobil menurut rute yang dipilih sendiri.

New Lexus RX dengan lincah melibas jalanan yang masih sepi di perbukitan sekitar kota Portland. Tikungan tajam, jalanan sempit, tanjakan dan turunan yang cukup curam, semua bisa dengan mudah dilewati oleh mobil kebanggaan Lexus ini. Ringan dan sama sekali tak tarasa ngos-ngosan untuk segera mencapai kecepatan 80 km per jam ke atas, di tengah jalanan perbuktian yang masih berkabut bahkan hingga pukul 11 siang waktu setempat.

Mobil SUV itu mampu menunjukkan keheningan mesin, kesenyapan ruang kabin, kemewahan interior, serta seabreg fitur keamanan dalam mengemudi. Fitur lane departure alert, misalnya,setiap saat mengingatkan pengemudi bila posisi kendaraan terlalu ke kiri atau terlalu ke kanan di lajur jalan.

Test drive di Portland, Oregon, ini merupakan kesempatan pertama buat wartawan untuk mencoba secara langsung performa New Lexus RX serta mendapatkan kejelasan detail mengenai spesifikasi mobil ini.

TEST DRIVE: Menjajal Ketangguhan SUV New Lexus RX

Keterangan: New Lexus RX meluncur di atas jembatan St. Johns di Potland,AS

Sebenarnya, The Entirely New Lexus RX ini sudah diperkenalkan ke publik sejak April lalu di New York. Mobil ini juga sempat diboyong ke Indonesia untuk dihadirkan dalam pameran otomotif GIIAS 2015 yang berlangsung 20-30 Agustus lalu. Indonesia menjadi negara pertama di kawasan Asia yang berkesempatan memamerkan New RX itu.

Meskipun sudah dihadirkan dalam pameran di Jakarta, bahkan chief engineer-nya pun ikut hadir ke Indonesia, ketika itu manajemen Lexus belum bersedia mengungkap detail spesifikasi mobil barunya. Baru pada acara bertajuk RX Global Dynamic Press Launch di Portland, AS, pekan lalu itulah spesifikasi detail dari mobil itu dibuka untuk wartawan.

Lexus RX merupakan seri terlaris dalam jajaran produk Lexus. Bukan hanya di Indonesia, di seluruh dunia pun, seri RX merupakan seri yang paling diterima pasar. “Karena terlaris, kehadiran New Lexus RX ini sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar Lexus di Indonesia,” ujar Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia.

Mobil baru ini merupakan RX generasi keempat. Generasi pertama mulai diperkenalkan ke pasar pada 1998 dan mendapat sambutan pasar yang menggembirakan. Adapun Lexus RX generasi ketiga sudah beredar di Indonesia sejak 2012, jadi sudah saatnya mendapatkan penyegaran.

New Lexus RX ditawarkan dalam tiga varian. Varian pertama RX200 turbo bermesin bensin 1.998 cc dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Mesin 8AR-FTS ini mampu menyemburkan daya 235 hp pada 4.800-5.600 rpm. Varian yang baru dalam jajaran seri RX ini dilengkapi dengan sistem Start and Stop yang bisa mematikan mesin ketika idle, misalnya ketika menunggu lampu merah. Fitur ini membuat mobil jadi hemat bahan bakar. Varian ini dipasarkan di Indonesia dengan kisaran harga Rp1,2 miliar on the road (OTR).

Varian kedua adalah seri RX350 dengan mesin bensin 3.456 cc digabung dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Mesin V6 2GR-FKS ini mampu menghasilkan daya 296 hp pada 6.300 rpm. Varian ini dipasaran dengan kisaran harga Rp1,6 miliar OTR.

Sedangkan varian ketiga adalah RX450h yang dilengkapi dengan mesin V6-hybrid 2GR-FXS berkapasitas 3.456 cc yang mampu mengeluarkan daya 308 hp pada 6.000 rpm. Mobil ini memiliki baterai Ni-MH sebanyak 240 sel dan dipasarkan di Indonesia dengan kisaran harga Rp1,8 miliar.

Sebagai mobil hybrid, konsumsi bensinnya sangat hemat. Lexus mengklaim mobil hybrid ini hanya memerlukan 5,7 liter bensin untuk rute kombinasi 100 km.

Tiga varian baru ini akan menggantikan tiga varian lawas Lexus RX yakni RX270, RX350, dan RX450 dan diharapkan dapat dinikmati pelanggan pertama di Indonesia pada Oktober. Di pasarSUV mewah ukuran menengah, New Lexus RX akan bersaing head to head dengan Mercedes Benz  ML dan BMW X5.

TEST DRIVE: Menjajal Ketangguhan SUV New Lexus RX

 

Perubahan Besar

Chief Engineer Lexus RX, Takayuki Katsuda, menjelaskan Lexus RX generasi keempat ini mengalami pembaruan yang amat banyak dibandingkan dengan generasi ketiga baik dari sisi penampilan luar, interior, mesin, suspensi, fitur keamanan, alat bantu mengemudi, maupun kemewahan.

Tema yang diambil dalam desain New Lexus RX, kata Katsuda, adalah Seductive Strength. Grill depan tampil amat mencolok dan berani. Mobil ini lebih besar dibandingkan dengan versi sebelumnya. New Lexus RX memiliki panjang 4.890 mm dan lebar 1.895 mm. Sedangkan tingginya antara 1.685 mm untuk RX450 hybrid dan 1.690 mm untuk dua varian lain. “Dulu kami membuat mobil besar namun tampil dengan kesan kecil, sekarang kami buat mobil besar yang terkesan besar,” tambah Katsuda.

Kabin dan bagasi pun diperbesar. Dengan kapasitas 5 penumpang dan lantai kursi belakang lebih rendah, posisi duduk SUV ini diklaim tak kalah nyaman dibandingkan sedan. Kemewahan juga terasa dengan tambahan audio Mark Levinson Premium Surround System dan panel interior yang digarap Yamaha dengan teknologi laser. Secara khusus Mark Levinson dan Yamaha ikut memamerkan kecanggihan teknologinya dalam acara di Portland ini.

Lexus mengklaim mobil baru ini memiliki stabilitas yang lebih baik karena perubahan penempatan engine mounts, penggunaan teknologi suspensi yang baru yakni adaptive variable suspension dan active stabilizer suspension, perbaikan sistem pengereman, serta posisi kemudi yang lebih ergonomis.

TEST DRIVE: Menjajal Ketangguhan SUV New Lexus RX

Bermacam fitur keselamatan berkendara yang diterapkan antara lain pre-collision system untuk antisipasi tabrakan, lane departure alert untuk mengingatkan pengemudi agar tetap pada lajur yang benar, adaptive high beam untuk menyesuaian ketinggian sorot lampu depan, dan dynamic radar cruise control.

TEST DRIVE: Menjajal Ketangguhan SUV New Lexus RX

Menurut Lexus, mobil baru ini memiliki visibilitas mengemudi yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya disertai dengan mode mengemudi yang bisa diatur seperti mode eco, normal, maupun sport.

Baca juga:

MOBIL BARU: Ini Spesifikasi New Lexus RX Varian Termahal
Ini Spesifikasi Lengkap New Lexus RX Varian Termurah
MOBIL BARU: New Lexus RX Dirilis dengan 3 Varian, Ini Rinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Setyardi Widodo
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper