Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluas Pasar Indonesia, Rolls Royce Rilis Model Baru Dawn

Pabrikan mobil super luxury asal Inggris, Rolls Royce kembali memperluas penjualannya di Indonesia dengan meluncurkan model terbaru, Dawn
Ilustrasi/rolls-roycemotorcars.com
Ilustrasi/rolls-roycemotorcars.com

Bisnis.com, JAKARTA—Pabrikan mobil super luxury asal Inggris, Rolls Royce kembali memperluas penjualannya di Indonesia dengan meluncurkan model terbaru, Dawn.

Menurut Public Relations Manager Rolls Royce Motor Cars Jakarta Ismail Ashlan, peluncuran Rolls Royce Dawn tak terlepas dari hasrat pabrikan yang bermarkas di Goodwood, Inggris tersebut untuk melakukan ekspansi pasar di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia.

 “Ini tak lepas dari rencana prinsipal melakukan ekspansi pasar di seluruh dunia. Di Indonesia kehadiran model ini membuka demand pasarbaru tapi kami tetap mempertahankan pasar yang sudah digarap selama ini,” katanya kepada Bisnis, Selasa (8/9).

Pasar baru yang dimaksud adalah sedan super mewah dua pintu kapasitas empat penumpang dengan atap terbuka. Dia menuturkan, dengan kehadiran Dawn lengkap sudah jajaran produk Rolls Royce yang dihadirkan di Tanah Air.

Sehingga saat ini ada delapan jajaran produk Rolls Royce yang ‘mengaspal’ di pasar Indonesia. Rinciannya, empat tipe dari Rolls Royce Phantom, dua tipe Rolls Royce Ghost, satu tipe Rolls Royce Wraith dan satu tipe dari Rolls Royce Dawn.

Usaha pabrikan otomotif super mewah tersebut memperluas pasarnya di dalam negeri bukan tanpa alasan. Sebelumnya, Rolls Royce melihat Indonesia sebagai pasar yang menjanjikan secara jangka panjang. Bahkan Rolls Royce global menilai Indonesia sebagai negara paling kuat dalam potensi perkembangan penjualan mobil di Asia Tenggara.

Peluncuran model Dawn pun dilakukan serempak secara online di seluruh dunia khususnya di 40 negara tempat kendaraan itu dipasarkan. Di Indonesia peluncuran dilakukan pada Selasa malam pukul 20.00.

Meski Dawn akan membuka pasar baru, lanjut Ismail, pasar di Indonesia masih akan didominasi model Ghost. Dia menjelaskan, tulung punggung utama Rolls Royce global adalah Phantom. Di Indonesia, Ghost lebih disukai karena menyasar konsumen berjiwa muda dengan harga di bawah Phantom.

“Kontribusi penjualan terbanyak masih aka nada pada Ghost karena Dawn itu sifatnya melengkapi dan memberikan pilihan lebih luas bagi konsumen,” ujarnya.

Ditanya terkait harga dan jumlah penjualan serta target yang ingin diraih Ismail enggan menjawab lugas. Dia hanya mengatakan semua model dijual berdasarkan pesanan karena pihaknya enggan kebanjiran setok.

 Spesifikasi Rolls Royce Dawn

Model Dawn memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2. Pabrikan asal Inggris mengkalim Dawn satu-satunya kendaraan super luxury atap terbuka dengan konfigurasi empat penumpang. Pada mayoritas mobil 2+2, ruangan di baris kedua kendaraan atap terbuka seringkali kehilangan leg room.

Menurut Director of Design Rolls Royce Motor Cars Giles Taylor, hal itu menunjukkan ketidakmampuan sebuah pabrikan dalam mengkombinasikan atap terbuka, bagasi dan kursi baris kedua. Hasilnya adalah sebuah ceruk pasar yang berisi kendaraan eksklusif namun anti sosial.

“Rolls Royce hadir sebagai pembuat kendaraan bermotor yang juga memperhatikan aspek sosial. Dalam menciptakan Dawn kami tidak berkompromi terhadap kenyamanan empat penumpang yang ingin bepergian bersama dalam kemewahan dan gaya sebuah Rolls Royce,” tuturnya.

Meski memiliki atap yang bisa terbuka, Dawn tetap menghadirkan keheningan layaknya model Wraith. Buka turtup atap pun dapat beroperasi pada kecepatan 50 km/jam dengan sangat halus dalam 20 detik.

Di sisi lain, Dawn dilengkapi mesin V12 twin turbo 6,6 liter. Mesin itu bertenaga maksimal hingga 563 bhp pada 5.250 rpm dan torsi hingga 780 Nm pada 1.500 rpm. Mobil ini memiliki kecepatan maksimum hingga 250 km/jam.

Dengan kekuatan msin sebesar itu, Dawn bisa dipacu dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,9 detik. Dawn bisa menengak bahan bakar 14,2 liter untuk jarak 100 km dengan kondisi jalan kombinasi. Sedangkan emisi yang dihasilkan sebanyak 330 g/km.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler