Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Honda Selama Agustus Moncer

Penjualan PT Honda Prospect Motor pada Agustus 2015 mencapai 13.226 unit, meningkat sekitar 49,3% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang menapak 8.861 unit
Mobil Honda Mobilio/www.autocarindia.com
Mobil Honda Mobilio/www.autocarindia.com

Bisnis.com, JAKARTA—Penjualan PT Honda Prospect Motor pada Agustus 2015 mencapai 13.226 unit, meningkat sekitar 49,3% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang menapak 8.861 unit.

Pihak menejemen PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim penaikan penjualan pada Agustus tersebut terdorong dua pameran otomotif terbesar di Indonesia yang dihelat akhir Agustus lalu yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS0 dan Indonesia International Motor Show (IIMS)

Dengan raihan tersebut, secara total penjualan mobil merek Honda secara wholesales pada periode Januari-Agustus 2015 sebanyak 103.494 unit. Jumlah penjualan yang ditorehkan pada periode tersebut menurun sekitar 6,3% dari periode yang sama tahun lalu yang menapak jumlah 110.459 unit.

“Penjualan Honda di bulan Agustus berhasil meningkat dibandingkan bulan sebelumnya didukung dari penjualan Honda pada ajang GIIAS dan juga IIMS 2015 lalu, terlihat dari permintaan yang tinggi untuk produk Honda di hampir semua model”, Kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT (HPM) Jonfis Fandy, Senin (9/9).

Kontribusi terbesar penjualan Honda pada Agustus tersebut berasal dari jagoan pabrikan asal Jepang tersebut di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), Mobilio. Produk besutan HPM sejak awal 2014 tersebut berhasil terjual sebanyak 4.746 unit pada bulan kedelapan.

Jumlah penjualan Mobilio pada Agustus itu meningkat cukup tinggi dari raihan pada Juli yang hanya 2.993 unit. Sehingga secara total Mobilio berhasil terjual 28.529 unit pada periode Januari-Agustus tahun ini. Raihan itu menurun drastic jika dibandingkan dengan kurun waktu yang sama pada tahun lalu yang mencapai 59.379 unit.

Kontribusi penjualan terbanyak kedua pada Agustus datang dari produk baru yang dipasarkan awal tahun ini, yaitu HR-V. Pada Agustus HR-V berhasil terjual sebanyak 2.194 unit. Dengan demikian secara total HR-V telah terlego sebanyak 24.586 unit sepanjang tahun ini.

Penjualan terbanyak ketiga pada bulan kemerdekaan disumbangkan jagoan Honda di segmen hatchback yaitu Jazz dengan membukukan penjualan sebanyak 2.082 unit. Pencapaian tersebut terkatrol cukup tinggi jika dibandingkan dengan penjualan Jazz pada Juli yang hanya menapak jumlah 345 unit.

Secara total Jazz telah berhasil terjual sebanyak 10.498 unit pada delapan bulan pertama tahun ini. Total penjualan Jazz tersebut menurun jika dibandingkan dengan capaian pada delapan bulan pertama tahun lalu yang sebanyak 12.866 unit.

Sementara itu, pada segmen low cost green car (LCGC) Brio Satya berhasil terjual sebanyak 1.785 unit pada Agustus lalu. Secara total penjualan Brio Satya sudah mencapai 18.064 unit sepanjang 2015. Meski pada Agustus penjualan Brio Satya menjadi yang keempat terbanyak, namun secara total produk tersebut menyumbangkan penjualan ketiga terbanyak sepanjang tahun ini bagi HPM.

Untuk produk city car yaitu New Brio pada Agustus HPM berhasil menjual sebanyak 1.012 unit. Jumlah itu meningkat dari Juli yang hanya terjual 605 unit. Secara total produk itu telah terjual 7.464 unit sepanjang 2015.

Sedangkan di kelas sport utility vehicle (SUV) CR-V pada bulan lalu berhasil terjual sebanyak 1.051 unit. Jumlah itu terkerek dari Juli yang hanya 373 unit. Sehingga total CR-V yang berhasil terjual sebanyak 7.460 unit sepanjang tahun ini.

Untuk produk lain seperti Freed terjual 169 unit pada Agustus dan telah terlego 2.650 unit pada periode Januari-Agustus tahun ini. Odyssey terjual 21 unit pada bulan lalu dengan total penjualan sebanyak 259 unit sepanjang 2015.

Di segmen sedan City terjual 89 unit pada bulan kedelapan dengan total penjualan 1.649 sepanjang 2015. Civic terjual 56 unit pada Agustus sehingga total penjualannya than ini sudah terbukukan 744 unit.

Produk sedan lainnya yaitu Accord terjual 5 unit pada Agustus dengan total penjualan 506 unit sepanjang tahun ini. Sedan sport Honda yaitu CR-Z terjual 16 unit bulan lalu dengan total terjual 95 unit sepanjang 2015.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper