Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitsubishi Hentikan Produksi Mobil di AS, Jual Pabrik di Illinois

Produsen mobil Jepang Mitsubishi menyatakan akan berhenti membuat kendaraan di Amerika Serikat dan ingin menjual pabriknya di Illinois yang jarang digunakan.
Logo Mitsubishi. /dealermitsubishi.com
Logo Mitsubishi. /dealermitsubishi.com

Bisnis.com, WASHINGTON -- Produsen mobil Jepang Mitsubishi menyatakan akan berhenti membuat kendaraan di Amerika Serikat dan ingin menjual pabriknya di Illinois yang jarang digunakan.

"Menyusul kajian dari rantai pasokan global Mitsubishi Motor Corporation, kami telah diberitahu perlu untuk mengakhiri produksi dan mencari pembeli strategis untuk pabriknya," papar Mitsubishi Motors Amerika Utara dalam sebuah pernyataan, Jumat (26/7/2015).

Mitsubishi mengatakan akan terus menjual mobil, termasuk model-model saat ini dan yang direncanakan, di dealer-dealer AS. "Pasar Amerika Utara tetap menjadi prioritas bagi Mitsubishi Motors," katanya.

Perusahaan juga mengakhiri produksi di Eropa tiga tahun lalu.

Mitsubishi telah memfokuskan usahanya di Asia, membangun fasilitas produksi di Thailand dan membeli sebuah pabrik di Filipina dari Ford.

Pabrik di Illinois membuat crossover Outlander Sport dan memiliki 1.250 karyawan, menurut perusahaan. Pabrik hanya memproduksi 60.000 kendaraan tahun lalu, sekitar setengah dari kapasitasnya, lembaga penyiaran publik Jepang NHK melaporkan.

Penjualan kendaraan Mitsubishi di AS melonjak 24,9 persen pada semester pertama 2015 dari periode yang sama tahun lalu. Tetapi perusahaan tertinggal jauh di belakang saingan-saingan Jepang-nya di pasar mobil AS yang besar.

Pada Juni, misalnya, Mitsubishi menjual 7.963 kendaraan, sedangkan Toyota menjual 209.912 kendaraan dan Honda menjual 134.397 kendaraan.

Outlander Sport merupakan penjual terbaik perusahaan, memberikan kontribusi sekitar setengah dari penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper