Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Lesu, Target Penjualan Sepeda Motor Kembali Dipangkas

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI kemungkinan besar akan kembali menurunkan target penjualan tahun ini karena lesunya pasar yang terdampak pelambatan ekonomi
Sepeda motor/Bisnis.com
Sepeda motor/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia  atau AISI kemungkinan besar akan kembali menurunkan target penjualan tahun ini karena lesunya pasar yang terdampak pelambatan ekonomi.

Pada awal 2015 AISI menargetkan total penjualan sepeda motor mencapai 8 juta unit sepanjang tahun ini. Jumlah tersebut kemudian diturunkan menjadi 6,8 juta unit hingga 7 juta unit.

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengatakan, total pasar sampai akhir tahun ini diperkirakan ada di kisaran 6,2 juta unit hingga 6,3 juta unit. Prediksi tersebut tak lepas dari total penjualan sepeda motor pada semester I/2015 yang hanya 3,174 juta unit.

Meski demikian Gunadi mengaku pihaknya belum secara resmi merevisi kembali target penjualan. Menurutnya hal tersebut akan dibicarakan dalam jangka waktu dekat, dengan mempertimbangkan hasil penjualan pada Juli yang kemungkinan sedikit terdongkrak momentum Lebaran.

“Kemungkinan bisa 6,2 juta unit atau 6,3 juta unit, kenyataan pasarnya memang seperti ini,” katanya kepada Bisnis, belum lama ini.

Seperti diberitakan Bisnis sebelumnya, raihan total penjualan pada semester I/2015 itu merosot sekitar 24,7% dari periode yang sama tahun lalu yang menapak jumlah 4,216 juta unit. Penjualan pada semester I/2015 pun menjadi yang terendah setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Pada semester I/2013 total pasar sepeda motor  yang dicatatkan AISI sebanyak 3,939 juta unit. Dari informasi yang dihimpun Bisnis, pelaku usaha mengakui jika pelambatan ekonomi memukul daya beli mayoritas konsumen sepeda motor yang merupakan kelas ekonomi menengah ke bawah.

Perkiraan total penjualan tersebut pun turun cukup tajam jika dibandingkan dengan total penjualan pada 2013 dan 2014. Tahun lalu jumlahnya mencapai 7,908 juta unit, sedangkan pada 2013 total penjualan sepeda motor mencapai  7,771 juta unit.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper