Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OTOMOTIF: X-Trail Yang Terlahir Kembali

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjadikan akhir tahun lalu sebagai waktu lahirnya kembali kendaraan sport utility vehicle (SUV) andalan mereka, All New Nissan X-Trail. Hasilnya, SUV yang melegenda dari pabrikan Jepang itu pun tampil semakin segar.
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 25 Januari 2015  |  12:44 WIB
Nissan X-Trail - superdealernissan.blogspot.com
Nissan X-Trail - superdealernissan.blogspot.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjadikan akhir tahun lalu sebagai waktu lahirnya kembali kendaraan sport utility vehicle (SUV) andalan mereka, All New Nissan X-Trail. Hasilnya, SUV yang melegenda dari pabrikan Jepang itu pun tampil semakin segar.

Kehadiran All New X-Trail diharapkan dapat kembali mengatrol pundi-pundi penjualan Nissan pada 2014 dan khususnya tahun ini di tengah pasar otomotif nasional yang melandai, terdampak pelambatan ekonomi. Mengapa tidak, All New Nissan X-Trail dihadirkan dengan tampilan fisik yang benar-benar berbeda dari X-Trail generasi sebelumnya. Selain itu, All New X-Trail menghadirkan pula fitur terdepan di kelasnya.

Bisnis ikut hadir saat All New X-Trail pertama kali diperkenalkan kepada publik di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. All New X –Trail hadir dengan bodi yang lebih ramping dan terkesan lebih dinamis. Selain itu, bodi kendaraan yang di beberapa negara dinamakan Nissan Rogue ini didesain lebih mewah dari pendahulunya.     

All New X-Trail memiliki garis desain yang berkarakter dan tajam, sehingga memberikan tampilan yang lebih sporty. Guna menyeimbangkan gaya yang ramping dengan postur yang agresif, Nissan mengaplikasikan roda yang besar. Sebagai medium SUV yang dapat memuat 7 orang penumpang, Nissan mengklaim memberikan disain interior yang lebih premium pada kendaraan tersebut.

Baris kursi kedua yang paling luas mudah dikonfigurasikan baik diturunkan ataupun digeser. Hal itu memberikan theater view serta keleluasaan bergerak bagi penumpang. Untuk memberikan kesan mewah, bangku depan dilengkapi spinal support technology yang dirancang untuk menopang tulang belakang dengan sempurna. Hal itu membuat lebih nyaman saat berkendara dalam waktu yang lama.

Secara internal NMI telah melakukan riset bahwa All New X-Trail memiliki head room 120 mm dan leg room 200 mm dengan model bertinggi badan 170 cm. Sedangkan panjang kabin SUV nomor satu di Jepang tersebut mencapai 2.750 mm. Menurut General Manager Marketing and Communication Division PT NMI Budi Nur Mukmin, All New X-Trail memiliki ruang kabin terlega di kelasnya.

Dibagian depan, selain lampu besar utama, X Trail dilengkapi pula day time running light. Budi menjelaskan, di Indonesia hanya sepeda motor saja yang wajib menyalakan lampu besar di siang hari. Namun di negara-negara maju, fitur tersebut sangat penting dalam mengurangi resiko saat berkendara.

“Kompetitor belum memiliki fitur tersebut. Itu di luar lampu besar, dan fungsinya untuk safety. Selain itu membuat tampilan depan Z Trail terlihat lebih premium,” ujarnya.

Untuk menunjang day time running light yang dirancang secara sleek, All New X-Trail menghadirkan LED headlights baik untuk lampu rendah dan tinggi, sehingga sorotannya lebih terang namun konsumsi energi lebih rendah. All New X Trail di lengkapi pula fitur around view monitor  yang menggunakan empat kamera super wide angle kecil yang terdapat pada bagian depan, samping, dan belakang kendaraan.

Hal itu memudahkan pengendara melihat keadaan sekitar dengan bird’s eye view 360 derajat. Fitur itu pun memungkinkan pengendara memilih beberapa tampilan close up dari objek di bagian depan dan belakang sehingga membantu pengemudi bermanuver di tempat yang sempit. Fitir tersebut membuat All New X-Trail lebih tangguh saat dikendarai.

Untuk memberikan kenyamanan lebih, power tail gate pada All New X Trail dapat dioperasikan secara hands free. Fitur tersebut cocok bagi masyarakat urban dalam segala kondisi yang menyibukan. All New X Trail dihadirkan NMI dalam tiga varian berbeda yaitu 2.0 MT, 2.0 CVT, dan varian tertinggi 2.5 CVT.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top