Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Perbaharui Etios Valco

Ingin pertahankan pangsa pasar mencapai 20% lebih di segmen city car, Toyota lakukan penyegaran pada produk andalannya di segmen tersebut, Etios Valco
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 23 Januari 2015  |  10:00 WIB
Etios Valco.  - Bisnis.com
Etios Valco. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Ingin mempertahankan pangsa pasar mencapai 20% lebih di segmen city car, Toyota lakukan penyegaran pada produk andalannya di segmen tersebut, Etios Valco.

Merujuk data terbaru dari gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tahun lalu Etios Valco terjual mencapai 10.041 unit. Jumlah tersebut membuatnya menguasai sekitar 22,6% pangsa dari total pasar yang mencapai 44.455 unit.

Raihan tersebut menempatkan Etios Valco sebagai penjualan terbanyak kedua di segmen city car. Penjualan terbanyak pertama disumbangkan Honda Brio yang mencapai 12.010 unit. Sedangkan peringkat ketiga, keempat, dan kelima secara berturut-turut adalah Nissan March 6.110 unit, Mitsubishi Mirage 5.373 unit serat KIA Picanto 3.716 unit.   

Saat pertama dipasarkan pada 2013 penjualan Etios Valco langsung melejit. City car andalan pabrikan penjual mobil terbanyak di Indonesia itu laku hingga 12.747 unit dan menempati penjualan terbanyak di segmennya.

Jumlah penjualan pada 2013 tersebut membuat Etios Valco menguasai pangsa pasar sekitar 21,4% dari total pasar di segmen city car yang mencapai 59.417 unit. Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, pasar city car tahun ini akan stagnan mengikuti total pasar mobil.

Dia berasumsi, pada tahun ini sulit bagi segmen city car untuk kembali mencapai jumlah penjualan seperti pada 2013 lalu karena pelambatan ekonomi yang terjadi. Selain itu, Samulo menilai setiap segmen sudah memiliki pasar masing-masing.

Artinya, segmentasi konsumen di pasar mobil sulit berubah meski ekonomi mengalami fluktuasi. Jumlah penjualan per segmen memang akan cenderung mengikuti pasar, tapi di sisi lain persentase kontribusinya tidak akan jauh berbeda dari capaian tahun sebelumnya.

City car di kelas Etios tahun ini pergerakannya gak akan terlalu banyak. Kami tidak yakin jumlah penjualannya seperti 2013. Karena pasar secara keseluruhan stagnan dan di sisi lain city car ini kami rasa posisinya tidak akan ngambil dari segmen lain. Kami ingin mempertahankan pangsa,” kata Samulo kepada Bisnis, Kamis (22/1).

Ada pun penyegaran yang dilakukan, menurut Samulo, hal tersebut berdasarkan pada survey yang dilakukan Toyota kepada konsumen Etios. Pada tahun ini Etios Valco diproyeksikan terjual di kisaran 800-900 unit dalam sebulan. Kontribusi penjualan Etios Valco terbanyak diberikan varian G hingga 58%..

Samulo menambahkan, penyegaran Etios dilakuakn untuk meningkatkan value for moneymobil tersebut bagi konsumen. Seluruh varian dilengkapi unsur keamanan standar Toyota. Penyegaran tampilan pun dilakukan di sisi eksterior semua varian Etios.

Untuk varian G dan E, tampilan Etios juga dilengkapi dengan kehadiran radiator grille with chrome berdesain anyar. Sedangkan varian JX terdapat tambahan radiator grille with dark-silver paint serta electric outer mirror agar memudahkan pengemudi mengatur posisi kaca spion samping dengan nyaman.

Selain itu, untuk mendukung tampilan baru, Etios Valco memiliki warna baru yaitu red mica metallic. Dari segi interior  untuk semua varian mendapat sentuhan baru pada meter cluster dengan warna biru sebagai pengganti warna putih pada model terdahulu. Warna ini diklaim memberi kenyamanan pada mata agar lebih mudah membaca informasi yang tersaji.

“Kami selalu berusaha mendengarkan apresiasi dari konsumen untuk melakukan perubahan. Berdasarkan temuan kami dalam survey konsumen berharap ada penambahan fitur,” ujar Samulo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top