Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rio dan Picanto Masih "Jagoan" KIA Tahun Depan

Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, KIA, masih akan menjadikan produk Picanto dan Rio sebagai tulang punggung penjualan tahun depan
Kia Picanto/Jibi
Kia Picanto/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA—Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, KIA, masih akan menjadikan produk Picanto dan Rio sebagai tulang punggung penjualan tahun depan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, pada periode Januari-November 2014 penjualan KIA di tataran wholesales baru mencapai 8.445 unit. Dari jumlah tersebut segmen city car andalan pabrikan asal Negeri Ginseng mencapai 3.542 unit atau berkontribusi 41,9%.

Sedangkan segmen hatchback jagoan KIA, All New Rio sudah terjual 3.366 unit atau setara 39,8%. Menurut Direktur Pemasaran PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Hartanto Sukmono, untuk menggenjot penjualan kedua produk andalan tersebut rencananya pada 2015 KIA akan melakukan “penyegaran” pada kedua model itu.

Hartanto mengatakan, tahun depan pihaknya pun akan menonjolkan semua produk termasuk menggenjot penjualan kendaraan niaga KIA yaitu Pregio dan Travello di segmen minibus serta Big Up di segmen pikap. Pada periode yang sama penjualan Pregio sudah mencapai 110 unit.

Sedangkan Travello hingga November tidak membukukan penjualan bagi KMI. Di segmen pikap sudah terjual 494 unit. KMI berencana memberikan perhatian lebih di segmen kendaraan niaga karena memiliki optimisme pada pemerintahan saat ini yang menggenjot pembangunan infrastruktur.

“Kami akan menonjolkan semua produk pada 2015. Tapi untuk backbone masih pada Picanto dan All New Rio. Kami pun berharap banyak dan akan menggenjot commercial vehicle tahun depan, karena pemerintahan presiden Jokowi berencana melakukan pembangunan infrastruktur yang cukup signifikan,” kata Hartanto kepada Bisnis, Senin (29/12).

Meski demikian, Hartanto belum bisa mengatakan target penjualan atau pun kontribusi kendaraan niaga yang ingin diraih pihaknya tahun depan. Sebagai gambaran, pada 2013 penjualan KIA mencapai 12.121 unit. Dari jumlah tersebut penjualan Picanto mencapai 6.379 unit. Sedangkan penjualan Rio tercatat 3.326 unit.

Penjualan KIA di Indonesia sebenarnya cukup fluktuatif. Pada 2010 penjualan KIA hanya 6.550 unit. Setahun berikutnya naik menjadi 9.081 unit. Pada 2012 kenaikannya cukup signifikan yaitu mencapai 13.651 unit. Pada 2013 penjualan KIA melandai menjadi 12.121 unit.

Tahun ini pun penjualan KIA diprediksi kembali mengalami penurunan. Pada tahun ini KIA awalnya menargetkan kisaran penjualan 10.000-12.000 unit.  Akan tetapi, berkaca pada raihan selama ini capaian target diprediksi di kisaran 8.000-9.000 unit.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper