Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Turun, Garasindo Belum Berencana Revisi Target

Penjualan PT Garansindo Inter Global belum sesuai harapan, jumlahnya pada periode Januari-Oktober 2014 baru menyentuh 1.418 unit dari target 2.000 unit yang ingin diraih tahun ini
Produk baru Jeep. Garasindo Belum Berencana Revisi Target
Produk baru Jeep. Garasindo Belum Berencana Revisi Target

Bisnis.com, JAKARTA—Penjualan PT Garansindo Inter Global belum sesuai harapan, jumlahnya pada  periode Januari-Oktober 2014 baru menyentuh 1.418 unit dari target 2.000 unit yang ingin diraih tahun ini.

PT Garansindo Inter Global (GIG) merupakan agen pemegang merek (APM) kendaraan Chrysler, Jeep, Dodge, Fiat dan Alfa Romeo. Hingga periode tersebut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis, GIG menjual 23 unit Chrysler, 316 unit Dodge, 957 unit Jeep, dan 122 unit Fiat.

Pada periode yang sama rata-rata penjualan GIG mencapai 142 unit per bulan. Untuk mencapai target GIG setidaknya harus menjual 291 unit kendaraan per bulan pada November dan Desember. Menurut Chief Marketing Officer PT GIG Rieva Muchsin, pihaknya akan mengejar target penjulan pada akhir tahun.

Salah satunya dengan melakukan promosi seperti diskon. Beberapa kendaraan dari Jeep dan Dodge bisa mengalami penurunan harga sebesar Rp50 juta hingga Rp150 juta. Selain itu GIG pun menggenjot penjualan akhir tahun dengan melakukan penjualan kendaraan kepada instansi. Menurut dia, pihaknya memungkinkan malakukan revisi target. Hal itu akan dilakukan setelah melihat perkemabngan pasar pada pertengahan Desember.

“Untuk mencapai 2.000 harus tetap optimis. Memang dunia otomotif  tahun ini tidak semarak tahun lalu. Kita akan lihat disisa Desember. Mungkin revisi tapi kita lihat sampai pertengahan Desember. Ada banyak promosi yang dilakukan retailer kami, memberikan program penjualan program diskon. Kami pun melakukan penjualan yang sifatnya pada instansi,” kata Rieva kepada Bisnis, Rabu (10/12)

Untuk menggenjot pasar pada 2015 Rieva mengaku melakukan pemetaan dengan menggunakan kacamata yang berbeda pada masing-masing brand. GIG berencana pula memasarkan brand Jeep dengan kapasitas dapur pacu yang relatif lebih kecil sehingga harganya lebih kompetitif karena terhindar dari PPnBM kendaraan 3.000 cc sebesar 125%.

“Kami melakukan pemetaan dengan dua brand yang berbeda dari Amerika dan Eropa. Pembagiannya dengan komposisi unit yang lebih menarik pada 2015. Apakah kita masuk ke engine lebih kecil untuk Jeep Wrangler dan Grand Cherooke. Kita mempersiapkan itu untuk 2015 sehingga pasar lebih antusias,” tuturnya.

GIG pun pada tahun depan berencana melakukan penambahan diler. Pada 2015 rencananya GIG akan meresmikan tiga diler baru di Jakarta, Surabaya, dan satu unit diler di daerah Jawa Barat. Saat ini GIG sudah memiliki 23 unit diler dan sales outlet.

Sebagai catatan, Gaikindo belum mencatat penjualan Alfa Romeo. Produk tersebut baru diluncurkan GIG pada September lalu di ajang motor show 2014. Dua tahun terakhir penjualan GIG menunjukan tren positif, pada 2012 menjual 485 unit dan 2013 menjual 902 unit namun hanya melalui tiga brand yaitu Chrysler, Jeep, dan Dodge. Kelak Fiat dan Alfa Romeo yang keduanya baru diluncurkan tahun ini diharapkan masing-masing berkontribusi hingga 10% dari penjualan GIG.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper