Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Suzuki Karimun Wagon R Belum Tentu Dinaikkan

PT Suzuki Indomobil Sales sudah mendapatkan izin dari pemerintah terkait kenaikan plafon harga Suzuki Karimun Wagon R per 10 November, meski demikian harga jual produk itu belum tentu dinaikan
Suzuki Karimun Wagon/Bisnis
Suzuki Karimun Wagon/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—PT Suzuki Indomobil Sales sudah mendapatkan ijin dari pemerintah terkait kenaikan plafon harga Suzuki Karimun Wagon R per 10 November, meski demikian harga jual produk itu belum tentu dinaikan.

Davy J. Tuilan, 4W Sales Marketing and DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan pihaknya harus mempelajari dahulu perkembangan segmen low cost green car (LCGC) ke depan, terkait kenaikan plafon harga sebesar 6,6%. Salah satu faktor yang menjadi perhatian adalah pasar dari Karimun Wagon R.Bisnis.com, 

Menurut Davy Karimun Wagon R tidak bisa disamakan seperti produk LCGC dari merek lain, yang saat mendapatkan persetujuan kenaikan plafon langsung mengatrol harga. Oleh karena itu, Suzuki akhir tahun ini atau awal tahun depan belum tentu menaikan harga Karimun Wagon R.

“Suratnya dari pemerintah kami dapat tanggal 10 November. Yang jelas bulan ini kami tidak naikan harga kan. Akhir tahun ini atau awal tahun depan kami belum tentu naikan harga. Produk kami berbeda dengan merek lain, kami harus memperhatikan pasar,” kata Davy kepada Bisnis, Rabu (12/11/2014).

Selain itu, yang menjadi pertimbangan adalah produk LCGC andalan Suzuki tersebut tahun ini sudah mengalami kenaikan harga dua kali pada Januari dan Oktober. Sebabnya, penyesuaian pada ongkos produksi. Kenaikan tersebut masih mengacu pada plafon harga lama.

Mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013, harga LCGC bisa dikaji ulang setiap tahun dengan memperhatikan tingkat inflasi. Harga jual maksimal LCGC off the road atau belum termasuk pajak adalah Rp95 juta. Harga saat ini bisa dinaikkan hingga 15% jika menggunakan transmisi otomatis. Jika dilengkapi fitur keselamatan penumpang, kenaikan maksimal 10%.

“Jadi kami tidak bisa langsung menaikan harga walaupun sudah dapat ijin. Produk kami berbeda karena pada Januari dan Oktober sudah naikan harga mengikuti plafon lama, karena ongkos produksi,” ujar Davy.

Saat awal dipasarkan pada Oktober 2013, Wagon R dibanderol dengan harga Rp77juta hingga Rp99,9 juta on the road Jakarta. Saat ini harga Wagon R yang dirilis situs www.suzuki.co.id ada di kisaran Rp85 juta hingga Rp106,5 juta.

Davy optimistis adanya kenaikan plafon harga dari pemerintah sebesar 6,6% tidak akan mengganggu pasar LCGC. Dia berasumsi besaran kenaikan relatif kecil dan dapat diterima pasar di segmen tersebut.

Bahkan Davy semakin Yakin pasar LCGC dalam jangka waktu dekat merangkak naik karena isu kenaikan harga bahan bakar. Asumsi Davy, LCGC akan menjadi pilihan konsumen karena irit bahan bakar dan harganya relatif murah.

Di sisi lain Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Soerjono, mengamini surat kenaikan palfon harga bagi Karimun Wagon R telah diserahkan pihaknya kepada SIS.

Surat keputusan tersebut tercatat dengan No.435/m-ind/11/2014. Surat penetapan penyesuaian harga produk KBH 2, produksi PT Suzuki Indomobil Sales. 10 November 2014.

“Itu surat Kemenperin ke Suzuki. Jadi tanpa pengurusan ke Kementerian Keuangan, sudah bisa naik 6,6% plafonnya,” ujar Soerjono kepada Bisnis dalam kesempatan berbeda.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper