Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TVS MOTOR Targetkan Kontribusi Penjualan Sumatra Capai 60%

TVS Motor Company Indonesia, produsen sepeda motor asal India, menargetkan kontribusi penjualan dari Sumatra sepanjang tahun ini mencapai 60%. Hingga akhir tahun, TVS Motor menargetkan penjualan 22.000 unit di Indonesia.
TVS akan fokus menggarap pasar Sumatra melalui TVS Max Semi Trail. /Bisnis.com
TVS akan fokus menggarap pasar Sumatra melalui TVS Max Semi Trail. /Bisnis.com

Bisnis.com, BANDA ACEH - TVS Motor Company Indonesia, produsen sepeda motor asal India, menargetkan kontribusi penjualan dari Sumatra sepanjang tahun ini mencapai 60%. Hingga akhir tahun, TVS Motor menargetkan penjualan 22.000 unit di Indonesia.

Chief Marketing Officer TVS Motor Company Indonesia Herry Budijanto Dragono menuturkan Sumatra merupakan pasar terbesar perusahaan di Indonesia. Adapun, pada tahun lalu, Sumatra menyumbangkan penjualan mencapai hampir 50%.

"Sumatra itu potensinya besar sekali. Kami tidak ingin head to head dengan pemain besar di kota-kota besar. Kami ingin memperbesar pangsa pasar di kota-kota kecil melalui sepeda motor yang sesuai dengan medan ekstrim, seperti pertanian dan perkebunan," ucap Herry kepada Bisnis.com, Minggu (7/9/2014).

Herry mengklaim, di Lampung, TVS menguasai pangsa pasar untuk seluruh tipe sepeda motor. Lampung, menjadi kontributor terbesar penjualan yakni 40% pada tahun lalu, disusul Sumatra Utara. Ketangguhan bodi diklaim menjadi salah satu keunggulan.

Herry menyebutkan TVS akan fokus menggarap pasar Sumatra melalui TVS Max Semi Trail. Model ini telah diluncurkan pada pertengahan Juni 2014. Dia mengklaim, seri ini akan laku untuk pengguna di area perkebunan.

"Kami menyasar pengguna di area perkebunan karet dan sawit yang banyak di Sumatra. Hingga bulan lalu, penjualan telah melampaui ekspektasi kami yakni 1.420 unit. Padahal target hanya 1.400 unit," tambah Herry.

Selain itu, untuk mendongkrak penjualan di Sumatra, TVS Motor juga akan memperbesar depo stok di beberapa daerah dan menambah jaringan distribusi. Saat ini jaringan distribusi di Sumatra ada di Aceh, Sumut, Palembang, dan Lampung. Herry berencana menambah jaringan distribusi di Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Jambi.

"Kami juga punya TVS home service yang bisa dipanggil oleh konsumen. Untuk pemesanan sparepart juga sudah gampang karena melalui online part shop."

Selain Sumatra, tahun ini TVS Motor Indonesia juga akan memperkuat basis penjualan di Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat. Berdasarkan total penjualan perusahaan pada tahun lalu, motor matik TVS Dazz berkontribusi terbesar hingga 65%, disusul motor sport seri Apache 20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper