Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUV: Volume Bertambah, Pangsa Pasar Stagnan

Volume penjualan segmen sport utility vehicle tahun ini diperkirakan meningkat. Namun, persentase kontribusi terhadap penjualan otomotif Indonesia dinilai pelaku bisnis stagnan
Mercedes Gl-Class /Bisnis.com
Mercedes Gl-Class /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Volum penjualan di segmen sport utility vehicle tahun ini diperkirakan meningkat. Namun, persentase kontribusi terhadap penjualan otomotif Indonesia dinilai pelaku bisnis stagnan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan, pasar otomotif Tanah Air tahun ini mencapai 1,25 juta unit. Naik dari tahun lalu yang berjumlah 1.229.904 unit. Asumsi tersebut beranjak dari penjualan mobil nasional periode Januari-Juli yang mencapai jumlah 733.716 unit.

Agen pemegang merek berlomba mengambil keuntungan dari kenaikan pasar otomotif Indonesia yang diprediksi mengatrol volume penjualan segmen sport utility vehicle (SUV).

Melihat peluang itu, beberapa agen pemegang merek meluncurkan produk terbaru di segmen SUV baru-baru ini.  

Awal Agustus 2014 Toyota luncurkan New Fortuner 4x4 VNT diesel 2.5 L, sedangkan Isuzu mengeluarkan SUV bermesin diesel, MU-X, pada pertengahan bulan yang sama.

Tak ketinggalan, Nissan berencana meluncurkan SUV yang akan menjadi andalannya, X-Trail, sebelum ajang motor show pada 18 September dihelat.

Sekertaris Umum Gaikindo Noegardjito mengamini pasar kendaraan segmen SUV tahun ini secara volume akan meningkat, mengikuti kenaikan pasar otomotif Tanah Air. Namun, menurut dia, persentase kontribusi SUV tahun ini tidak akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan tahun 2013.

Pasalnya, SUV memiliki segmentasi konsumen yang sudah jelas. Noegardjito menilai, masyarakat Indonesia sudah cerdas memilih produk, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sehingga, kecil kemungkinan SUV mengambil pasar segmen otomotif lain.

“Untuk market share saya rasa tidak akan jauh berbeda dari tahun lalu. Tapi volume penjualannya saja yang akan bertambah. Ini bukan terkait daya beli. Masyarakat kita sudah lebih cerdas dalam membeli kendaraan sesuai kebutuhan,” ujarnya kepada Bisnis.com,Kamis (4/9/2014).

Pada 2013 Gaikindo mencatat kontribusi SUV terhadap penjualan otomotif dalam negeri mencapai 5,3%. Persentase tersebut setara jumlah penjualan 66.179 unit. Periode Januari-Juli penjualan SUV di Indonesia mencapai 32.695 unit, atau setara 4,5% dari penjualan otomotif di Nusantara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper