Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Nissan Tergantung Situasi Thailand

Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing and Communication Division PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menilai ekspor NMI bergantung pada pasar Thailand. Pasalnya, dari dua negara tujuan ekspor NMI, pasar terbesar adalah Thailand

Bisnis.com, JAKARTA—Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing and Communication Division PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menilai ekspor NMI bergantung pasar Thailand. Pasalnya, dari dua negara tujuan ekspor NMI, pasar terbesar adalah Thailand.

NMI saat ini mengekspor Juke, X Trail, dan Livina X Gear ke negri Gajah Putih. Juke berkontribusi 60% atau sekitar 300-400 unit per bulan. Livina X Gear berkontribusi 30% atau sekitar 100-200 unit per bulan.

Untuk X Trail, berkontribusi 10%. Sedangkan ke Malaysia, NMI mengekspor part kendaraan sekitar 750 unit part per bulan untuk di rakit di Malaysia.

“Kami tidak melihat adanya kenaikan ekspor tahun ini. Soalnya kondisi politik di Thailand yang tidak kondusif. Pada semester I ekspor ke sana memang turun. Untuk semester II belum bisa diprediksi,” ujar Budi kepada Bisnis belum lama ini.

Menurut Budi, saat ini pihaknya belum berencana memperluas ekspor. NMI berfokus pada pasar domestik. Meski demikian, untuk rencana jangka panjang negara yang akan diprioritaskan untuk memperluas ekspor adalah Filipina dan Vietnam.

Line up kita di Indonesia sesuai dengan kebutuhan pasar di Filipina dan Vietnam. Mungkin baru 2 atau tiga tahun ke depan baru kita ekspansi,” kata Budi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper