Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Omset Industri Kecil Komponen Otomotif Tumbuh 20%

Produsen komponen skala industri kecil dan menengah (IKM) berharap penjualan kendaraan bermotor mengukir pertumbuhan pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan target Kementerian Perindustrian atas penjualan mobil 1,3 juta unit sepanjang 2014.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 09 Agustus 2014  |  01:35 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen komponen skala industri kecil dan menengah (IKM) berharap penjualan kendaraan bermotor mengukir pertumbuhan pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan target Kementerian Perindustrian atas penjualan mobil 1,3 juta unit sepanjang 2014.

Ketua Koperasi Industri Komponen Otomotif (Kiko) Indonesia M. Kosasih mengatakan sejalan dengan positifnya penjualan kendaraan selama semester pertama, omzet IKM komponen rerata tubuh 20%.

“Sebagian besar IKM komponen otomotif omsetnya meningkat 20% hingga 30%. Ini terimbas meningkatnya penjualan kendaraan karena sebagian besar IKM memasok untuk OEM,” ucapnya saat dihubungi Bisnis, Jumat (8/8/2014).

Pertumbuhan pasar kendaraan bermotor roda empat maupun dua sangat memengaruhi industri komponen. Pasalnya sekitar 80% dari pebisnis di sektor penunjang ini menyuplai langsung untuk kebutuhan pabrikan atau original equipment manufacturer (OEM).

Sepanjang enam bulan pertama tahun ini terjual 642.311 unit kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Gaikindo memproyeksikan penjualan bakal stagnan seperti 2013 di level 1,2 juta unit. Tapi melihat realisasi penjualan selama Januari – Juni, pemerintah optimistis target 1,3 juta unit yang bakal tercapai.

Sementara penjualan sepeda motor jumlahnya mencapai 4,2 juta unit pada semester pertama tahun ini. AISI menargetkan penjualan tahun ini berkisar 7,7 juta unit hingga 7,9 juta unit. Penjualan kuda besi selama tahun lalu bertengger di 7,7 juta unit.

“[Suburnya pasar otomotif tahun ini] berpengaruh kepada tambahan investasi di sektor IKM komponen. Ada yang menambah kapasitas produksi, ada pula yang melakukan penambahan mesin produksi,” ucap Kosasih.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikm industri komponen kendaraan bermotor
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top