Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Andalkan MPV Rebut 34% Pasar Mobil Nasional

PT Toyota Astra Motor (TAM) pada semester I/2014 kembali mengukuhkan hegemoninya di pasar otomotif Indonesia dengan menguasai 34,16% pangsa pasar. Dari total market TAM, 55,8% penjualannya disumbang dari segmen multi purpose vehicle (MPV)
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Toyota Astra Motor (TAM) pada semester I/2014 kembali mengukuhkan hegemoninya di pasar otomotif Indonesia dengan menguasai 34,16% pangsa pasar. Dari total pasar TAM, 55,8% penjualannya disumbang dari segmen multi purpose vehicle (MPV).

Dari data Gabungan Industri Kendaraaan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada paruh pertama tahun ini penjualan TAM mencapai 219.444 unit. Untuk segmen MPV penjualannya mencapai 122.589 unit.

Rinciannya Kijang Innova di medium MPV 32.166 unit atau 26,3% pangsa pasar MPV TAM. Avanza di low MPV 89.596 unit, setara 73% market share MPV TAM.

Untuk Nav 1 dan Alphard di upper MPV masing-masing 343 dan 484 unit, atau 0,3% dan 0,4% pangsa pasar MPV TAM,

Direktur Pemasaran PT TAM Rahmat Samulo mengklaim Avanza menguasai 40% lebih pangsa pasar low MPV di Indonesia pada semester I/2014.

Untuk Alphard, pangsa pasarnya mencapai 41%. Samulo mengatakan, persentase pangsa pasar Alphard menurun dari periode yang sama di tahun lalu yang mencapai 50% lebih. 

Terkait produk upper MPV lainnya, Nav 1, Samulo menyatakan persentasenya belum bisa diperhitungkan. Pasalnya, NAV 1 sempat berhenti produksi karena menunggu dikeluarkannya Nav 1 terbaru pada pertengahan semester I/2014.

Adapun Kijang Innova pangsa pasarnya melejit semester I tahun ini. “Innova market share-nya cukup baik mencapai 85% di medium MPV pada semester I/2014. Di periode yang sama tahun lalu itu hanya 72%. Respons masyarakat cukup positif, mungkin karena produk ini sudah melegenda,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (20/7/2014).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper