Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENJUALAN MOBIL: Program Promo jadi Andalan Diler di Balikpapan

Program promo penjualan masih menjadi andalan bagi dealer mobil di Balikpapan untuk memacu penjualan di tahun ini khususnya pada segmen low MPV yang menjadi segmen yang potensinya paling besar.
Promosi Mobil. Jadi andalan diler di Balikpapan/Bisnis
Promosi Mobil. Jadi andalan diler di Balikpapan/Bisnis

Bisnis.com,  BALIKPAPAN--Program promo penjualan masih menjadi andalan bagi dealer mobil di Balikpapan untuk memacu penjualan di tahun ini khususnya pada segmen low MPV yang menjadi segmen yang potensinya paling besar.

Kepala Cabang PT Astra International-Daihatsu Balikpapan Budhi Krisnanto mengatakan program promo mulai berjalan dan akan terus berlanjut sampai akhir tahun.

Budhi menambahkan program promo tersebut sudah mulai berjalan sejak awal tahun ini dan program promo semacam ini bisa memberikan percepatan kepada calon konsumen untuk segera memutuskan pembelian unit kendaraan.

“Efeknya memang cukup terasa karena mampu penjualan bisa tumbuh antara 20%-25%,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis, Minggu (8/6/2014).

Beberapa program promo yang dilakukan Daihatsu sepanjang tahun ini seperti Gempita 10 Tahun Xenia yang dilakukan untuk memperingati keberadaan Daihatsu Xenia di Indonesia.

Selain itu, ada juga program Angsuran Bersahabat yang menawarkan angka angsuran yang lebih ringan kepada konsumen khususnya kendaraan penumpang.

Terakhir, program promo yang memilih hadiah sesuai dengan minat konsumen. “Konsumen yang membeli nanti tinggal memasukkan undian yang sesuai dengan pilihannya,” katanya.

Dia menambahkan seluruh program akan digeber pada pertengahan tahun karena merupakan periode puncak penjualan. Budhi menyebutkan hal ini terlihat dari beberapa perilaku pabrikan lain yang juga banyak meluncurkan produk baru.

Adapun, fokus penjualan Daihatsu di periode Juni berada pada unit kendaraan penumpang.

Hal serupa juga dilakukan oleh Toyota Auto 2000. Sales Supervisor Toyota Auto 2000 Cabang Balikpapan Arfan Chairudin mengatakan promo cukup efektif dilakukan karena ketersediaan produk cukup melimpah. Promo yang diberikan pun cukup menarik seperti potongan harga untuk unit tertentu.

“Karena memang ini bisa menarik konsumen dan mempercepat pengambilan keputusan,” katanya.

Selain itu, adapula program yang memberikan hadiah bagi konsumen yang membeli pada periode tertentu. “Dengan demikian, konsumen akan melihat ada tawaran menarik ketika membeli produk kami,” tuturnya.

Produk yang paling banyak mendapatkan manfaat dari program promo ini yakni Avanza dan Agya. Khusus untuk Agya, penjualan juga lebih baik karena unit yang ditawarkan sudah tersedia.

Saat ini, penjualan Toyota di Balikpapan dari dua dealer yang ada mencapai rata-rata 450 unit per bulan. Dengan angka ini, pabrikan asal Jepang tersebut mampu menguasai pangsa pasar otomotif di Kota Minyak hingga sebesar 34%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper