Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

April, Penjualan Nissan Anjlok 52%

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil Nissan dari pabrikan ke diler (wholesales) pada April 2014 anjlok 51,72% terhadap perolehan bulan sebelumnya.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 21 Mei 2014  |  19:23 WIB
Produk Nissan. Penjualan April anjlok 52% - Bisnis
Produk Nissan. Penjualan April anjlok 52% - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil Nissan dari pabrikan ke diler (wholesales) pada April 2014 anjlok 51,72% terhadap perolehan bulan sebelumnya. Dengan kata lain, bulan lalu cuma laku 2.006 unit dari 4.155 unit pada Maret 2014.

Angka di atas menunjukkan penyusutan drastis dialami Nissan. Hasilnya, merek asal Jepang ini terpaksa turun tangga dari peringkat mobil terlaris keenam selama kuartal I/2014 jadi ketujuh pada bulan lalu. Urutan keenam sekarang dihuni Isuzu dengan wholesales 2.295 unit.

Rupanya, NMI telah memperkirakan kondisi tersebut bakal terjadi. “Ini didasari penyesuaian alokasi produksi Nissan demi memenuhi permintaan Datsun,” kata Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy & Communication NMI, kepada Bisnis, Selasa (20/5/2014).

 Tulang punggung penjualan Nissan di Indonesia merupakan kendaraan nonsedan. Setidaknya, ada Sembilan produk yang pasarkan di Tanah Air a.l. New X-Trail, Serena, Livina XR, Livina X-Gear, Grand Livina, Frontier Navara, March, Juke, Evalia, dan Elgrand.

Seluruhnya membukukan wholesales 1.851 unit pada bulan lalu. Jumlah ini merosot 55,29% terhadap penjualan Maret berjumlah 4.140 unit. Total penjualan sembilan produk nonsedan tersebut selama 4 bulan pertama tahun ini 14.221 unit.

Di samping itu, Gaikindo juga mencatat ada tiga sedan merek Nissan yang dipasarkan di Indonesia, yaitu GT-R, Fair Lady 3,8 L, dan New Teana. Selama Januari – Maret, cuma Teana yang membukukan transaksi penjualan berjumlah 93 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nissan motor indonesia
Editor : News Writer

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top