Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UT Tawarkan Bus Gandeng Scania Euro 6 Rp5,8 Miliar untuk Transjakarta

PT United Tractors Tbk. memasarkan bus gandeng Scania Euro 6 seharga Rp5,8 miliar (on the road Jakarta). Agen pemegang merek kendaraan niaga ini hendak memasoknya untuk memenuhi kebutuhan armada Transjakarta.

Bisnis.com, JAKARTA--PT United Tractors Tbk. (UT) memasarkan bus gandeng Scania Euro 6 seharga Rp5,8 miliar (on the road Jakarta). Agen pemegang merek kendaraan niaga ini hendak memasoknya untuk memenuhi kebutuhan armada Transjakarta.

Dibandingkan dengan harga bus rapid transit (BRT) Transjakarta yang beredar sekarang harga yang ditawarkan UT memang lebih mahal. Armada Transjakarta yang beroperasi saat ini umumnya senilai Rp3,4 miliar - Rp3,6 miliar per unit.

Direktur UT Loudy I. Ellias mengatakan dengan harga lebih mahal, Scania Euro 6 dipastikan memiliki durabilitas lebih panjang.

"Harga beli pertama memang lebih mahal, tetapi biaya operasionalnya bisa lebih murah," tuturnya di sela-sela demo Scania Euro 6, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

UT menjanjikan setiap pembelian Scania disertai dengan layanan purnajual bernama UT Guaranteed Product Support. Program ini menjamin kepastian pasokan suku cadang, mekanik, dan jasa perbaikan.

Namun, soal harga jual dapat dibicarakan lebih lanjut dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jika bus gandeng asal Swedia ini jadi digunakan Transjakarta, akan dilakukan pembahasan lebih lanjut soal service agreement.

Loudy mengaku belum bisa menjelaskan lebih detil skema bisnis penjualan bus gandeng ini untuk BRT di Ibu Kota. Sebab, kini UT baru pada tahap demo kepada Pemprov DKI atas performa dan kualitasnya.

"Dari kebutuhan pemerintah sekitar 450 unit bus gandeng tahun ini, kami akan sesuaikan dengan itu. Kami belum tahu bisa memasok sampai berapa unit atas kebutuhan yang ada," ujarnya kepada wartawan.

Scania merupakan perusahaan Swedia yang memproduksi kendaraan komersial, terutama truk kelas berat dan bus premium. Pemasarannya di Indonesia dilakukan melalui UT yang menjadi salah satu anak usaha grup Astra.

Spesifikasi Scania Euro 6 :
- Tipe mesin OC09 102 dengan DF-factor
- Tenaga maksimum 340 hp, torsi 1.600 Nm
- Euro 6 kapasitas 9-liter dengan emisi NOx (nitrogen oxides) 0,94 gram per Nm3 bahan bakar, lebih bersih hingga 87% dibandingkan mesin Euro 3
 - Dapat menempuh 250 kilometer dengan sekali pengisian penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper