Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Hari Libur, Penjualan Mobil Mei Diprediksi Stagnan

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menilai penjualan Mei seharusnya lebih baik daripada April 2014. Namun, karena banyak hari libur, penjualan mobil secara nasional cenderung stagnan di kisaran 100.000 unit.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menilai penjualan mobil pada Mei seharusnya lebih baik daripada April 2014. Namun karena banyak hari libur, penjualan secara nasional cenderung stagnan di kisaran 100.000 unit.

“Mei sebenarnya tumbuh tapi karena banyak hari libur, kemungkinan penjualan akan sama [seperti April],” kata Director 4W Marketing and Dealer Network Development PT SIS Davy J.Tuilan berpendapat, Jumat (2/5/2014).

Pada bulan lalu, penjualan mobil Suzuki diperkirakan 13.600 unit. Selama kuartal pertama tahun ini, SIS membukukan penjualan dari pabrikan ke diler 42.281 unit, terdiri dari 14.687 unit pada Januari, 13.581 unit pada Februari, dan 14.013 unit pada Maret.

Pada sisi lain, Manager Penjualan Nasional PT Garuda Mataram Motor Yongki menyatakan selepas Februari 2014 pasar otomotif domestik relatif membaik. Pasalnya, selama 2 bulan pertama, penjualan tertekan depresiasi rupiah terhadap mata uang asing.

“[Di awal tahun] konsumen banyak menunda pembelian karena tercatat sempat Rp12.000 per dolar AS atau Rp16.000 per euro sehingga konsumen kita lebih banyak menunggu [depresiasi rupiah] reda,” katanya secara terpisah.

Kini, industri otomotif Indonesia tak bisa disepelekan dari segi performa penjualan mobil domestik. Selama 2 bulan pertama tahun ini, Indonesia memimpin pasar Asia Tenggara dengan penjualan 215.275 unit. Thailand saja cuma membukukan 140.177 unit. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler