Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mercy Turun 37% Pada Kuartal I/2014

Merek premium asal Jerman, Mercedes-Benz, mengalami pelemahan penjualan sebesar 36,8% selama triwulan pertama tahun ini terhadap periode yang sama tahun lalu (year-on-year).
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Merek premium asal Jerman, Mercedes-Benz, mengalami pelemahan penjualan 36,8% selama triwulan pertama tahun ini terhadap periode yang sama tahun lalu (year-on-year).

Kuartal I/2014, Mercy terjual 684 unit, sedangkan tahun lalu jumlahnya mencapai 1.082 unit.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Kendaraan Penumpang Mercedes-Benz Indonesia Stephan Moebius mengakui terjadi pelemahan sales selama Januari – Maret 2014. Ini terpengaruh kedatangan pasokan impor dari markas pusat di Jerman mundur ke akhir Februari.

Agen pemegang merek (ATPM) M-Benz optismistis bisnisnya kembali bergeliat di kuartal II. “Pemilu juga bikin konsumen lebih hati-hati [sebelum beli mobil baru]. Ada juga produk baru yang penjualannya belum terealisasi di kuartal pertama,” katanya, di Jakarta, Jumat (25/4/2014).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat realisasi penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) M-Benz selama 3 bulan kemarin berkisar 100 – 200 unit. Rincinya, 214 unit (Januari), 197 (Februari), dan 273 (Maret).

Sedangkan perolehan selama triwulan pertama tahun lalu melampaui 300 unit per bulan. Pada Januari wholesales mencapai 319 unit, berlanjut ke Februari 346 unit, dan pada Maret semakin melambung jadi 417 unit.

Moebius berpendapat penjualan kuartal II/2014 akan membaik terdorong produk baru seperti CLA Class yang penjualannya mulai terealisasi. Sedan yang diklaim berada di kelas premium menengah ini baru diluncurkan Maret sehingga pengiriman ke konsumen dimulai April.

“Menjual produk itu merupakan proses yang panjang. Tidak sekedar mencoba [test drive] langsung pesan. Perlu juga bicarakan skema financing-nya dan lain-lain.  [Jangka waktu pemesanan] tak bisa dipatok, kadang cepat, kadang lama,” ucapnya kepada wartawan.

Soal berapa banyak pemesanan yang terkumpul atas CLA Class, Moebius enggan menjawab angka secara spesifik. Cuma disebutkan, “sudah cukup banyak pemesanannya”. Stok sedan coupe 4 pintu ini sekarang sudah tersedia di masing-masing diler.

Sepanjang Tahun Kuda 2014 M-Benz berencana meluncurkan 10 model baru. Empat unit di antaranya terealisasi selama kuartal I, yaitu E 400 AMG, SUV GL500, CLA Class 200 Urban, dan CLA Class 200 Sport. ATPM merahasiakan 6 produk lain yang akan dipasarkan pada bulan-bulan mendatang.

Tulang punggung penjualan M-Benz di Tanah Air adalah sedan. Sumbangsih terbesar berasal dari E-Class dan C-Class masing-masing laku 241 unit dan 173 unit selama kuartal I. Perakitan kedua sedan ini berlangsung di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper