Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dominasi Pasar Kendaraan Niaga, Mitsubishi Andalkan Colt Diesel

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, agen tunggal pemegang merek Mitsubishi, berusaha mempertahakan posisinya sebagai pemimpin pasar kendaraan komersial truk dan pikap melalui berbagai kegiatan promosi dan peningkatan kualitas layanan purnajual.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 27 Oktober 2013  |  18:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, agen tunggal pemegang merek Mitsubishi, berusaha mempertahakan posisinya sebagai pemimpin pasar kendaraan komersial truk dan pikap melalui berbagai kegiatan promosi dan peningkatan kualitas layanan purnajual.

Marganda Tobing, Head of Field Department Marketing Division Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan tiga varian pikap Mitsubishi yaitu T-120, L-200 dan L-300 sangat diminati kalangan dunia usaha sehingga volume penjualannya terus meningkat.

“Penjualan Mitsubishi pikap dan truk Colt Diesel cenderung terus meningkat hingga tahun depan mengikuti perkembangan sektor riil yang relatif baik dalam mendukung perekonomian nasional,” katanya di Jakarta, Minggu (27/10/2013).   

Menurutnya, permintaan pasar pikap dan truk Colt Diesel terutama untuk mendukung kelancaran distribusi barang industri hingga menjangkau wilayah perkotaan, khususnya yang tidak bisa dimasuki truk berukuran besar.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ymenujukkan penjualan pikap Mitsubishi selama Januari-September 2013 mencapai 48.345 unit, terdiri dari varian T-120 sebanyak 22.308 unit, L-300 sejumlah 19.913 unit dan 6.124 unit L-200.

Dengan penjualan 48.345 unit, Mitsubishi menguasai 32,52% dari total pangsa pasar seluruh kendaraan jenis pikap dalam 9 bulan pertama tahun ini sebanyak 148.627 unit, lebih tinggi dari penjualan pikap Suzuki sebanyak 46.724 unit pada periode yang sama.

Realisasi penjualan pikap Mitsubishi 48.345 unit pada tahun ini, di antaranya berasal dari kontribusi penjualan selama Mei sebanyak 4.684 unit, Juni 5.643 unit, Juli 6.201 unit, Agustus 4.132 unit dan September mencapai 6.440 unit.

Marganda menjelaskan KTB berupaya terus mempertahankan pasar kendaraan komersial, terutama yang dilakukan dengan menggiatkan promosi, menambah diler layanan terpadu dan memperkuat pasar varian terbaru Cold Diesel FE71L-110 PS 4 ban.

“Mitsubishi Colt Diesel FE71L-110PS 4 ban kami andalkan sebagai bagian dari strategi meningkatkan pasar, di samping untuk mengantisipasi kebijakan pemerintah yang mengatur hanya mobil niaga 4 ban yang boleh masuk ke dalam kota,” katanya.

Mitsubishi bekerja sama dengan mitra bisnisnya, seperti dengan PT Ciwangi Berlian Motors dan diler utama yang lain, berencana membangun 5 diler baru layanan sale, service, sparepart sehingga total pada akhir 2013 menjadi 226 unit untuk mendongkrak penjualan meningkat dari realisasi tahun lalu sebanyak 65.000 unit.

Menurutnya, Colt Diesel merupakan salah satu dari puluhan varian kendaraan komersial merek Mitsubishi Fuso yang pada pekan depan akan gelar acara spesial dalam merayakan pencapaian angka penjualan truk tersebu mencapai 1 juta unit.

Dia mengatakan penjualan kendaraan komersial kategori light truck merek Metsubishi Fuso tetap stabil dalam 3 bulan terakhir ini, kendati pada Desember mendatang mengalami penurunan tajam karena banyak hari libur menyambut tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mitsubishi pt krama yudha tiga berlian motors
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top