Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2013: Kia dan Hyundai Bayang-bayangi Dominasi Mobil Jepang

Bisnis.com, JAKARTA  -Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 menjadi ajang mobil asal Korea Selatan berunjuk gigi dengan segela segmennya melaui merek Kia dan Hyundai yang semakin kuat membayang-bayangi dominasi kendaraan Japang di dalam

Bisnis.com, JAKARTA  -Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 menjadi ajang mobil asal Korea Selatan berunjuk gigi dengan segela segmennya melaui merek Kia dan Hyundai yang semakin kuat membayang-bayangi dominasi kendaraan Japang di dalam negeri.

Kedua merek mobil tersebut, Kia dan Hyundai tersedia dalam berbagai tipe dan varian dalam semua segmen kendaraan penumpang mulai dari city car, hatchback, sport utility vehicle, multi purpose vehicle hingga sedan yang kian direspon positif masyarakat.

PT Kia Mobil Indonesia, agen tuggal pemegang merek mobil Kia, dalam pameran akbar otomotif IIMS 2013 di JIExpo Kemayoran Jakarta pada 19-29 September 2013 melucurkan produk Kia terbaru All New Optima dan All New Sorento disel.

Mobil sedan All New Optima yang tampil modern dengan desain lebih sporty, aerodinamis dan elegan untuk sebuah mobil sedan yang stylish tersebut dipasarkan on the road Jakarta seharga Rp499 juta.

All New Optima dibekali mesin Theta II 2.4 L MPI yang menghasilkan tenaga maksimal 180 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 23.6 kgm pada 4.300 rpm, serta transmisi 6 percepatan auto transmission yang halus dan hemat bahan bakar.

Sementara itu kenedaraan premium sport utility vehicle All New Sorento dibekali mesin Theta II 2.4 L DOHC Dual CVVT atau mesin disel 2.2 L CRD-I dengan tenaga maksimal 197 Ps pada 3.800 rpm dan torsi 44.5 kg.m pada 1.800-2.500 rpm.

All New Sorento yang diklaim memiliki fitur paling lengkap dan modern di klasnya itu dibandrol on the road Jakarta seharga Rp410 juta untuk varian bensi dan Rp460 juta yang bermesin disel.

Hartanto Sukmono, Direktur Marketing Kia Mobil Indonesia, mengatakan peluncuran All New Optima dan All New Sorento disel untuk memenuhi harapan pelanggan Kia yang menginginkan kehadiran banyak varian dan tipe produk Kia.

“Tingginya permintaan pelanggan Kia melatar belakangi keyakinan kami untuk terus meluncurkan produk terbaru, terutama dalam ajang motor show kali ini,” katanya di Jakarta, Senin (23/9/2013).   

Adapun sejumlah produk Kia dirospon cukup positif oleh pasar domestik antara lain All New Picanto, All New Rio, Kia Carens, All New Sportage, dan All New Sorento yang masing-masing menawarkan pilihan transmisi yakni otomatis dan manual.

Sementara itu PT Hyundai Mobil Indonesia, agen tuggal pemegang merek Hyundai, melucurkan Veloster Turbo, kendaraan coupe tiga pintu yang memiliki fungsi seperti hatchback dengan aplikasi pintu tambahan untuk penumpang belakang.

Mukiat Sutikno, Presiden Direktur Hyundai Mobil Indonesia, mengatakan peluncuran Veloster Turbo dalam IIMS 2013 sebagai perkenalan kepada publik bahwa Hyundai juga memiliki teknologi dan desain baru kendaraan kategori sportcar.

” Jika memang nanti banyak permintaan untuk Veloster Turbo itu maka kemungkinan kami akan mendatangkannya sesuai permintaan pasar,” katanya.

Veloster Turbo dibekali mesin jenis 1.6 L turbocharged GDI empat silinder, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 201 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 265 Nm pada 1.750-4.500 rpm, serta dengan transmisi 6 percepatan.

Menurunya, kendaraan itu menerapkan teknologi transmisi 6 percepatan ecoshift dual clutch transmission atau DCT yang dikembangkan secara khusus memadukan transmisi manual yang sporti dengan karakter transmisi otomatis yang halus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sutarno
Sumber : nurudin abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper