Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Performa New Daihatsu Terios, Kian Aman Berpetualang

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak jurnalis di Kalimantan untuk menjajal New Daihatsu Terios Airbag dengan berpetualang dalam ajang Test Drive Daihatsu Terios Discover The New Adventure pada 6-7 September 2013 di Balikpapan,

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak jurnalis di Kalimantan untuk menjajal New Daihatsu Terios Airbag dengan berpetualang dalam ajang Test Drive Daihatsu Terios Discover The New Adventure pada 6-7 September 2013 di Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Ada sembilan media di Kalimantan yang berkesempatan menggeber produk yang baru diperkenalkan pada awal September kemarin.

Pantai Wisata Lamaru dan Canopy Bridge Bukit Bangkirai menjadi dua tujuan pada dua hari test drive tersebut. Perjalanan hari pertama dimulai dari Kantor Cabang Daihatsu Balikpapan yang berada di pusat kota menuju Pantai Lamaru yang berada sekitar 15 kilometer.

Para jurnalis diberi kesempatan menikmati perubahan eksterior, interior dan keamanan New Daihatsu Terios Airbag. Head of Technical & Warranty Department Technical Service Division PT Astra Dauhatsu Motor Anjar Rosjadi mengatakan perubahan didasarkan pada survei yang dilakukan pihaknya kepada para pengguna setia Terios.

Fitur keamanan, kenyamanan dan tampilan menjadi fokus dalam perubahan kali ini.

Adapun untuk performa, imbuh Anjar, masih dirasa cukup bagus oleh pengguna. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, desain interior Terios yang menganut konsep new black interior design menjadi lebih sporty dan elegan dengan kombinasi warna hitam dan abu-abu.

Sementara perubahan pada eksteriornya terletak pada front and rear bumper guard, over fender dan side stone guard yang menjadikan kesan mobil tampak tangguh. Pada tipe TX, desain baru juga dilengkapi alloy wheel dan spare wheel cover,rear spoiler serta retractable outer mirror.

Terkait dengan penambahan fitur keamanan, seluruh tipe dilengkapi dengan dual airbag yang akan melindungi penumpang dan pengendara di bagian depan dari benturan saat kecelakaan.

Khusus untuk tipe TX AT dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS) yang memungkinkan pengemudi tetap dapat mengendalikan kendaraan saat terjadi pengereman mendadak. Saya berkesempatan menjajal Terios TX AT, dan merasakan kenyamanan mengendarai mobil yang bertransmisi otomatis.

Jalur menuju Pantai Lamaru yang lumayan padat, namun hanya memerlukan waktu 45 menit untuk mencapainya. Perjalanan hari kedua ke Canopy Bridge Bukit Bangkirai justru lebih menantang.

Jarak tempuh sekitar 70 kilometer dengan kondisi cuaca setelah hujan, mampu dilahap dengan baik dalam waktu kurang dari 2 jam. Performa ini, setidaknya, menegaskan salah satu ketangguhan mobil tersebut.

Sementara itu, usai dilepas oleh Area Manager Daihatsu wilayah DKI I Harry Kamora, 16 unit Daihatsu Terios langsung meluncur menuju kawasan selatan Pelabuhan Ratu dari Sukabumi, Jawa Barat.

Saya mendapatkan kesempatan dengan mobil bertransmisi manual. Dengan jarak sekitar 14 kilometer serta waktu tempuh selama 2 jam, saya dan rekan jurnalis lain merasakan performa mobil tersebut.

Saat memasuki Pelabuhan Ratu, jalanan didominasi turunan yang terjal. Sistem rem yang baik dan aman membuat saya dan rekan jurnalis lain tidak segan-segan mencoba untuk kebut-kebutan. Ketika sampai di Inna Samudera Beach Hotel Pelabuhan Ratu, saya dan rekan lainnya memperhatikan kian efisiensinya bahan bakar.

Bayangkan, 14 kilometer bisa ditempuh hanya dengan 1,5 liter bahan bakar. Keterangan resmi menyatakan harga mobil tersebut berkisar antara Rp169,5 juta— Rp220,3 juta.

Esok harinya, kami melanjutkan petualangan ke wilayah yang menanjak tajam tepatnya hulu sungai Citarik Selama 2 jam perjalanan. Kami ditantang untuk mencoba medan yang berbeda.

Namun, ketangguhan mobil itu tetap tak berubah. Saya merasakan perpindahan transmisi yang halus setiap kali menggerakkan tuas, sepanjang jalan menuju hulu sungai.

Walaupun beberapa kali kami sempat berhenti dalam posisi tanjakan, performa Daihatsu Terios secara keseluruhan tetap prima. Dengan pengalaman ini, mobil tersebut benarbenar cocok di medan tanjakan dan turunan yang curam. (Rachmad Subiyanto & Emanuel Tome Hayon).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper