Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2013, Transaksi Diproyeksi Capai Rp4 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA - Pameran otomotif  paling bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 pada September 2013 diproyeksikan meraup transaksi penjualan lebih dari Rp4 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA - Pameran otomotif  paling bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 pada September 2013 diproyeksikan meraup transaksi penjualan lebih dari Rp4 triliun.

Pada IIMS 2013, kalangan pabrikan akan menampilkan banyak kendaraan terbarunya termasuk mobil hemat energi dan ramah lingkungan.

IIMS 2012 mencatatkan transaksi sebanyak Rp4,651 triliun dan pada 2011 sebanyak Rp3,274 triliun.

Selain itu, pengunjung juga diperkirakan bertambah ke 380.000 orang dibandingkan 2012 yang hanya 368.000 orang dan 2011 sebanyak 322.823 orang.

Peningkatan ini disebabkan karena bertambahnya jumlah ATPM yang ikut terlibat dalam ajang tahunan tersebut dan ramainya produk hemat energi baru yang diperkenalkan oleh ATPM.

Pada IIMS 2013 akan diramaikan 36  ATPM, mencakup 27 kendaraan penumpang dan 9 kendaraan niaga, mulai dari  passenger cars seperti Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai,  Jaguar,  Jeep, KIA, Landrover, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW.

Dari jajaran commercial vehicles akan diikuti oleh produsen seperti Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks akan berlomba menarik perhatian pengunjung dengan berbagai penampilan teknologi otomotif terkini mereka. Tren ini naik dibandingkan 2011 yang hanya dihadiri 32 ATPM dan 2012 yang tercatat 35 ATPM.

Sementara itu perusahaan di sektor industri aksesoris mobil turut terlibat pada ajang ini. Panitia penyelenggara menargetkan jumlahnya masih sebanyak 275 perusahaan sama seperti 2012 dibandingkan 2011 yang hanya sebanyak 24 perusahaan.

Ketua Penyelenggara IIMS 2013 Jhonny Darmawan menerangkan pada prinsipnya IIMS merupakan ajang  pameran tekhnologi terbaru dari masing-masing agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan bertemunya pencinta kendaraan yang hemat bahan bakar dan energi.

Menurutnya dengan kegiatan ini diharapkan semua masyarakat bisa mengambil bagian untuk melihat model kendaraan baru yang berkualitas.

“Kami berupaya menghadirkan kegiatan yang melibatkan masyarakat, agar kecintaan dan rasa memiliki  terhadap IIMS semakin besar,” ujar Jhonny saat dihubungi, Selasa (30/7/2013).

Dengan mengusung tema Smart Vehicle Mobility, kegiatan yang akan dijalankan dari 19-29 september, IIMS konsisten untuk terus mensosialisasikan efisiensi bahan bakar dengan memperkenalkan sistem transportasi dengan standar efisiensi yang mengurangi pemborosan bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang berlebih.

 Belum Tentukan Target

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy Tulian menerangkan belum menargetkan penjualan selama IIMS. Namun, dia menerangkan, pada ajang tersebut masing-masing ATPM pasti akan memperkenalkan produk baru yang belum dikenal oleh masyarakat.

“Kalau LCGC belum bisa karena Juknis hingga saat ini belum dikeluarkan oleh Pemerintah,”ujarnya.

Dia mengatakan, mobil murah dan hemat energi baru bisa dimunculkan oleh kalangan ATPM jika ada kejelasan yang pasti. Hanya saja, dia mengungkapkan, ajang tersebut diperkirakan akan dihadiri oleh ratusan ribu pengunjung berdasarkan tren penjualan mobil yang terus berkembang hingga semester I/2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper