Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BISNIS MOBIL: 90% Avanza terserap pasar lokal, Astra Naikkan Target Penjualan

BISNIS.COM, SEMARANG – PT Toyota Astra Motor tahun ini menaikkan target penjualan Avanza 30% dari realisasi 2012  menjadi 250.000 unit dari sebelumnya 190.000.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 03 Juni 2013  |  01:36 WIB
BISNIS MOBIL: 90% Avanza terserap pasar lokal, Astra Naikkan Target Penjualan
Bagikan

BISNIS.COM, SEMARANG – PT Toyota Astra Motor tahun ini menaikkan target penjualan Avanza 30% dari realisasi 2012  menjadi 250.000 unit dari sebelumnya 190.000.

Peningkatan targe tersebut dipacu oleh realisasi kinerja penjualan MPV tersebut yang 90% dari total sales iserap pasar domestik.

Seperti diketahui  Avanza merupakan salah satu produk andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) dan telah membukukan total penjualan mencapai 1,1 juta unit sejak diluncurkan sembilan tahun lalu.

Marketing Director TAM, Yuji Takarada mengatakan pasar Avanza domestik masih menguasai meski pihaknya sudah melakukan ekspansi melalui ekspor ke 27 negara terutama kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Brunei Darussalam dan Filipina.

“Kondisi ekonomi nasional masih memungkinkan penjualan mobil meningkat dan kami tetap concern pada penjualan dalam negeri karena pasarnya yang besar mencapai 90% dari total penjualan Avanza,” katanya di sela kegiatan Avanzanation 2013, di Semarang, Minggu (2/6/2013).

Menurutnya, meski hanya memiliki porsi 10% namun ekspor pada jenis kendaraan keluarga itu terus diupayakan tetap stabil dan bisa meluas diluar 27 negara lainnya.

Area Managing TAM Indonesia, Felicia Pritta menambahkan ekspor Avanza tahun lalu mencapai sekitar 20.000 unit sehingga tahun ini minimal angka yang sama didapatkan kembali.

“Pasar domestik saat ini jauh lebih penting jadi untuk ekspor minimal tahun ini sama atau lebih tinggi dari 2012 sekitar 20.000,” ujarnya.

Adapun serapan jenis city car itu kini masih didominasi wilayah Jakarta dan sekitarnya mencapai 40% dari total sharing pemasaran nasional. Sementara untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY hanya mengambil jatah 7%.

Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto mengatakan pasar mobil Toyota di wilayah Jateng-DIY pada Januari hingga April 2013 dengan market share didominasi wilayah DIY mencapai 24%, disusul Semarang 20% dan Solo 12%.

Penjualan Avanza di wilayah Jateng-DIY selama 2013, lanjutnya, diharapkan mampu mencapai 14.000 unit meliputi berbagai varian.

“Untuk mendorong penjualan, Nasmoco selaku Authorized Toyota Dealer juga melaksanakan kegiatan tahunan sejak 2008 bertajuk ‘Avanzanation 2013’ di Atrium Mal Paragon selama enam hari dengan target penjualan 100 unit all varian,” katanya. (dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota astra Avanza lokal naik 90% sales
Editor : Endot Brilliantono
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top