Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI OTOMOTIF: 40-50 Perusahaan Komponen Investasi US$1 Miliar

BISNIS.COM, JAKARTA--Sekitar 40-50 industri komponen otomotif akan masuk ke Indonesia pada tahun ini dengan nilai total investasi diperkirakan mencapai US$1 miliar.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 09 Mei 2013  |  18:29 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Sekitar 40-50 industri komponen otomotif akan masuk ke Indonesia pada tahun ini dengan nilai total investasi diperkirakan mencapai US$1 miliar.

Jika rencana investasi itu terealisasi seluruhnya, maka total industri komponen otomotif di Tanah Air akan bertambah menjadi sekitar 1.500 perusahaan yang beroperasi mendukung industri otomotif di dalam negeri.

Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, mengatakan beberapa dari 40-50 industri komponen baru tersebut sudah merealisasikan pembelian tanah untuk fasilitas pabrik, pembuatan pabrik, pasang mesin, mencari pekerja dan melakukan pelatihan.

"Sebanyak 40-50 industri baru tersebut akan memproduksi berbagai komponen otomotif seperti palang pintu, transmisi, atau corcoran yang berasal dari Asia Timur yaitu Jepang, Taiwan, Thailand, China, India dan sedikit dari Eropa yaitu Jerman," katanya, Kamis (9/5/2013).

Menurutnya, industri baru sektor komponen otomotif yang masuk pada 2012 mendakati angka 50 unit, sehingga total yang telah beroperasi di Indonesia mencapai sekitar 1.400 unit dan diperkirakan akan meningkat pada tahun ini menjadi 1.500 perusahaan.

Dia menjelaskan meningkatnya jumlah industri komponen otomotif terkait dengan semakin banyaknya industri otomotif yang mengoperasikan pabrik atau menambah kapasitas produksi, sehingga kebutuhan pasokan komponen meningkat.

Demikian juga, lanjutanya, rencana sejumlah agen tunggal pemegang merek yang memproduksi kendaraan murah ramah lingkungan atau low cost green car yang salah satu syaratnya dapat memenuhi tingkat kandungan lokal di atas 80% sehingga medapatkan berbagai insentif dari pemerintah. (sep)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Komponen Otomotif budi darmadi kementrian perindustrian
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top