Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTAMINA FASTRON Targetkan Kenaikan 5% Volume Penjualan Pelumas

BISNIS.COM, JAKARTA-Pertamina Fastron memproyeksikan peningkatan penjualan pelumas kendaraan sebesar 5% pada tahun ini di atas pencapaian tahun lalu sebanyak 430.000 kilo liter menyusul pertumbuhan industri otomotif di dalam negeri.

BISNIS.COM, JAKARTA-Pertamina Fastron memproyeksikan peningkatan penjualan pelumas kendaraan sebesar 5% pada tahun ini di atas pencapaian tahun lalu sebanyak 430.000 kilo liter menyusul pertumbuhan industri otomotif di dalam negeri.

Andria Nusa, Retail Marketing Manager Pertamina Fastron, mengatakan industri otomotif yang terus meningkat itu menjadi peluang pasar yang sangat prospektif bagi pemasan produk pelumas kendaraan seperti Fastron dan produk Pertamina yang lain.

"Pertumbuhan industri otomotif merupakan prospek pasar pelumas dan kami perkirakan secara nasional dapat meningkat sekitar 3%-4%," katanya menjawab Bisnis saat pelepasan Rifat Sungkar, mewakili Fastron World Rally Team, untuk bertanding dalam Rally America di Jakarta hari ini, Kamis (18/4/2013).

Dia mengatakan industri otomotif nasional yang diharapkan terus miningkat mencapai lebih dari realisasi tahun lalu sebanyak 1,1 juta unit kendaraan roda empat dan sekitar 7,1 unit sepeda motor adalah pasar produk pelumas yang sangat potensial.

Apalagi, lanjutnya, jumlah tersebut belum termasuk kendaraan lama yang populasinya cukup besar di dalam negeri sehingga banyak kompetitor, baik produsen pelumas dalam negeri maupun berasal dari luar negeri, yang melirik untuk memperebutkan pasar tersebut.

"Pertumbuhan industri otomotif, baik kendaraan roda empat maupun sepeda motor, ditambah dengan populasi kendaraan lama merupakan pasar potensial produk pelumas. Tetapi, sekarang ini persaingannya juga semakin ketat," tegasnya.

Andria mejelaskan sebagai badan usaha milik negara, Pertamina Fastron siap besaing dengan kompetitor, termasuk produk impor, karena memiliki strategi pemasaran yang baik dan kemitraannya dengan sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM).

Untuk itu, lanjutnya, Pertamina Fatron optimistis dapat mempertahankan pangsa pasarnya di dalam negeri yang tahun lalu mencapai 55% dengan total penjualan lebih dari 430.000 kilo liter yang meningkat 6% dari realisasi 2011.

Menurutnya, untuk mendongkrak penjualan pelumas produk Pertamina tersebut pihaknya telah mengembangkan pasar luar negeri mencapai sebanyak 20 negara seperti Australia, China, Taiwan, Timur Tengah, Eropa dan Amerika Serikat, mencapai 10% dari total produksi Fastron.

Namun, lanjutnya, kini penjualan pelumas Pertamina ke luar negeri menunjukkan trend yang terus meningkat, seiring dengan berbagai kegiatan promosi dan edukasi yang dilakukan perusahaan plat mereh tersebut bertajuk Fatron goes to the world.

"Sejalan dengan arah perkembangan bisnis Pertamina Fastron di dunia, yaitu Fastron goes to the world tersebut, maka kami mensponsori Fastron World Rally Team dengan pembalapnya Rifat Sungkar, satu-satunya pembalam Indonesia yang akan bertanding di ajang reli top Amerika," ujarnya.

Sementara itu Rifat Sungkar, pembalap mewakili Fattron World Relly Team, mengatakan siap bertanding di ajang reli paling bergengsi di Armerika Serikat, yaitu Rally America dalam 5 seri pertandingan yaitu Oregon Trail Rally pada 3-5 Mei 2013.

Selanjutnya seri Susquehannock Trail Rally pada 31Mei -1 Juni 2013, kemudian New England Forests Rally pada 26-27 Juli 2013, seri Ojibwe Forests Rally pada 23-24 Agustus 2013 dan diakhiri dengan seri Lake Superior Peformance Rally pada 18-19 Oktober 2013. 

"Kami berangkat Selasa depan langsung ke Lost Angles utuk bertemu pihak kedutaan besar RI dan masyarakat Indonesia di sana untuk meminta dukunga moral," katanya. 

Dia mengatakan siap berkompetisi di kelas tertinggi Rally America akan bertarung dengan pereli top dunia seperti Ken Block, David Higgins dan Antoine L'Estage.

"Saya sudah pernah bertanding di Asia, Australia dan Eropa, namun belum pernah berkesempatan bertanding di benua Amerika, yang memiliki karakteristik dan suasana reli berbeda," ujarnya.
Menurutnya, untuk bertanding di Rally America tersebut akan menggunakan mobil Mitsubishi Lancer Evolution X, yang pernah ditunggangi untuk memenangkan kejuaraan Asia Pacific Championship pada 2011.

Sementara itu Indra Prasetiyo Manager Fastron World Rally Team, mengatakan Rifat mendapat dukungan dari Pertamina Fastron yang tengah mengembankan pasarnya di dunia.

"Sejalan dengan arah perkembangan bisnis Pertamina Fastron di dunia yakni Fastron goes to the world, tim ini dengan pereli Rifat Sungkar siap bertanding di ajang reli top Amerika tersebut," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sutarno
Sumber : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper