Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI OTOMOTIF: Toyota & GM Optimistis Dengan Penjualan Produk Baru

BISNIS.COM, MEDAN – Dua Agen Tunggal Pemegang Merek yakni PT Toyota Astra Motor dan PT General Motors Indonesia optimistis bisa meraih penjualan masing-masing 150 unit untuk produk terbaru yang diluncurkan yakni Toyota Etios Valco dan Chevrolet

BISNIS.COM, MEDAN – Dua Agen Tunggal Pemegang Merek yakni PT Toyota Astra Motor dan PT General Motors Indonesia optimistis bisa meraih penjualan masing-masing 150 unit untuk produk terbaru yang diluncurkan yakni Toyota Etios Valco dan Chevrolet Spin di dalam Pameran Otomotif Medan 2013.

Operational Manager Wilayah Sumatera PT Toyota Astra motor Hendra Purnawan mengatakan mobil kompak kelas bawah (low hatcback) yang baru pertama kali dipasarkan di Medan ini diharapkan menjadi primadona dan daya tarik utama para pengunjung yang datang ke booth Toyota.

Dia memperkirakan  dalam sebulan, penjualan Etios Valco bisa mencapai 40 hingga 50 unit atau mengambil sekitar 35% dari pangsa pasar hatchback di Sumut. “Target kami di dalam pameran ini minimal bisa terjual 150 unit, atau 3 bulan waiting list, melihat animo masyarakat yang cukup besar terhadap produk baru ini,” ujarnya, Kamis (14/3/2013).

Mobil ini dirilis dalam tiga varian dengan jenis manual transmisi yakni J seharga Rp145 juta, tipe E yang dibanderol dengan harga Rp160 juta, serta tipe G dijual dengan harga Rp172 juta. Sementara warna yang ditawarkan ialah putih, silver, hitam, abu-abu, metalik,dan biru.

Di samping Toyota Etios Valco, TAM juga tetap memasarkan produk mobil lainnya seperti Avanza, Inova, dan Yaris yang juga diperkirakan bisa terjual sekitar 100 unit hingga 120 unit. Untuk menarik pengunjung, pihaknya memberlakukan berbagai promo seperti free ciciln pertama dan paket service.

“Primadonanya tetap Etios Valco, untuk melengkapinya akan dipromosikan juga mobil lainnya. Harapan penjualan di luar Etios bisa mencapai 120 unit,” ucapnya.

Sementara itu, Regional Operation Manager PT General Motor Indonesia Phyllo Arihta Tarigan mengatakan meski sudah dijual namun Chevrolet Spin baru akan didistribusikan secara resmi di Medan pada akhir April nanti.

Meski demikian, dia yakin di dalam pameran ini, setidaknya akan ada pemesanan 150 unit mobil Chevrolet Spin, dengan targetkan penjualan di wilayah Sumut perbulannya mencapai sekitar 400 unit hingga 600 unit.

“Prediksi kami di pameran ini akan laku sekitar 150 unit Chevrolet Spin, tapi masih inden karena baru akan didistribusikan secara resmi akhir April nanti dimulai dari Jakarta dan dilanjutkan di kota besar lainnya seperti Surabaya dan Medan,” tuturnya.

Dia berharap produk baru yang masuk dalam kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) segmen bawah ini mampu meningkatkan penjualan mobil secara nasional hingga 400% karena masuk dalam segmen gemuk dengan permintaan yang cukup besar.

“Kontribusi Chevrolet Spin ini diharapkan bisa di atas 50% sehingga kami harap bisa meningkatkan penjualan 400%. Tahun ini kami fokus untuk penjualan Spin,” ucapnya.

Chevrolet Spin menggunakan transmisi otomatis 6-speed dan mesin diesel turbo. Mobil berdaya muat penumpang 7 orang ini di Sumut dibanderol mulai dari harga Rp149,9 juta hingga Rp203,9 juta tergantung dari varian dan tipenya. (msb)

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Editor : Others
Sumber : Tomi Razali/Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper