Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Tahan Ekspor ke Vietnam

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menahan pengiriman kendaraan utuh atau completely built up (CBU) ke Vietnam untuk sementara. Sebab negara tersebut memberlakukan aturan impor baru yang disebut dengan Decree 116.
Suzuki Motors/Reuters-Issei Kato
Suzuki Motors/Reuters-Issei Kato

Bisnis.com, JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menahan pengiriman kendaraan utuh atau completely built up (CBU) ke Vietnam untuk sementara. Sebab negara tersebut memberlakukan aturan impor baru yang disebut dengan Decree 116.

Dept Head of Export & Import PT SIM Hady Surjono Salim mengatakan bahwa tetap berkeinginan melanjutkan ekspor ke Vietnam. Akan tetapi masih menunggu sosialisasi aturan baru tersebut.

 “Vietnam 1 dari 5 besar negara tujuan ekspor, di mana dengan besaran 11% dari total ekspor pada tahun 2017,” kata Dept Head of Export & Import PT Suzuki Indomobil Motor Hady Surjono Salim kepada Bisnis, Kamis (25/1/2018).

Sepanjang 2017 SIM mengirim 3.149 unit mobil CBU ke Vietnam. Model APV berkontribusi 86,09% dan Ertiga sisanya.

Kendati demikian, SIM mengatakan penundaan ekspor ke Vietnam tidak merugikan perusahaan. Sebab, spesifikasi model yang dikirim ke sana serupa dengan satu negara di Asia lainnya.

Adapun mengutip Nikkei Asian Review, Kamis (25/1/2018), Toyota Motor dan Honda Motor telah menghentikan ekspor ke Vietnam sejak awal tahun karena aturan baru itu. Di dalam aturan itu mewajibkan setiap perusahaan membawa vehicle type approval (VTA) dari negara asal.

Selain itu aturan yang lebih memberatkan adalah pengecekan emisi dan keselamatan yang harus dilakukan pada setiap pengapalan dan per model. Sebelumnya hal ini hanya dilakukan pada pengiriman perdana.

Kondisi itu diperparah karena pemerintah Vietnam akan mengembalikan semua mobil CBU apabila tidak memenuhi persyaratan baru itu. Hal ini pun membuat perusahaan otomotif yang memasok kendaraan utuh ke Vietnam menghentikan kegiatannya untuk sementara, termasuk juga yang berasal dari Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper