Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun ini Jalanan akan Disesaki oleh 6,1 Juta Motor Baru

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memrediksi penjualan kendaraan roda dua di Tanah Air tahun ini mencapai 6 juta-6,1 juta unit, naik 3% dari tahun lalu yang mencapai 5,89 juta unit
Sepeda motor baru siap didistribusikan. /Bisnis.com
Sepeda motor baru siap didistribusikan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memrediksi penjualan kendaraan roda dua ke diler atau wholesales pada tahun ini mencapai 6 juta - 6,1 juta unit atau tumbuh 3% dari total penjualan pada tahun lalu yang mencapai 5,89 juta unit. 

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Sigit Kumala menegaskan, tren perbaikan yang terjadi sepanjang tahun lalu diperkirakan akan berlanjut pada tahun ini. Asosiasi memperkirakan total penjualan sepeda motor pada 2018 mencapai 6 juta – 6,1 juta unit.

“Kalau tahun ini ada kenaikan sekitar 2%-3% dulu,” kata Sigit, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Dia menjelaskan, pihaknya memrediksi kenaikan distribusi sepeda motor pada tahun ini dapat terjadi lantaran pemerintah berjanji tidak akan menaikkan tarif listrik dan bahan bakar minyak. Kondisi tersebut, ungkapnya dapat menaikkan daya beli masyarakat.

Penurunan penjualan sepeda motor yang terjadi di pasar dalam negeri, dia mengingatkan, dapat terjadi lantaran pemerintah mengeluarkan kebijakan yang dapat mengganggu daya beli masyarakat seperti menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik.

Kenaikan seperti bahan bakar minyak dan tarif listrik, dia menegaskan dapat membuat masyarakat merogoh kantongnya lebih dalam lagi.

Dia menilai, penjualan sepeda motor pada tahun lalu menunjukkan perbaikan meskipun masih tercatat negatif 0,76% jika dibandingkan dengan 2016. Menurutnya, negatif 0,76% tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni minus 8,4%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper