Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DISKON MOBIL dan Ragam Promosi di Bulan Suci

Beragam penawaran dilakukan pelaku usaha otomotif untuk menggenjot penjualan saat Ramadhan. Mengharap berkah dari peningkatan daya beli di bulan suci
Petugas mengecek kesiapan mobil baru di kawasan Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta, belum lama ini. /Bisnis-Nurul Hidayat
Petugas mengecek kesiapan mobil baru di kawasan Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta, belum lama ini. /Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -Beragam penawaran dilakukan pelaku usaha otomotif untuk menggenjot penjualan saat bulan Ramadhan. Mengharap ‘berkah’ dari peningkatan daya beli di bulan suci.

Pelaku usaha yang Bisnis.com hubungi menilai kenaikan penjualan karena terdorong Ramadhan bisa mencapai 5%-25% dari bulan biasa. Peningkatan penjualan biasanya terlihat sebulan menjelang Lebaran.

Pasalnya, banyak konsumen berharap dapat memakai kendaraan baru saat mudik tiba. Di sisi lain pembelian mobil baru harus dilakukan jauh hari sebelum Lebaran, mengingat pengurusan surat ijin jalan yang tidak bisa instan.

Tahun lalu libur Lebaran jatuh pada 28 dan 29 Juli. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat kenaikan angka penjualan terlihat pada Juni dibanding Mei. Pada bulan kelima 2014 penjualannya tercatat 96.872 unit, dan pada bulan berikutnya menjadi 110.614 unit. Kenaikan penjualan pada periode tersebut mencapai 14,2%.

Pada 2013, Lebaran yang jatuh pada 8 Agustus. Penjualan pada Juni dan Juli 2013 masing-masing tercatat 104.263 unit dan 112.178 unit atau ada kenaikan 7,6%.

Pelaku usaha menilai, kenaikan penjualan menjelang Lebaran akan bergantung situasi ekonomi di tahun tersebut. Meski demkian, besarnya kenaikan pun akan bergantung promo apa yang ditawarkan kepada calon pelanggan.

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo berharap penaikan penjualan yang bisa diraih pihaknya karena Ramadhan minimal 5%. Untuk meraih itu, dia tidak memungkiri pihaknya melakukan diskon.

Samulo mengakui pihaknya memberikan wewenang pengambilan kebijakan diskon kepada diler. Menurutnya, diskon saat Ramadhan memang diperlukan namun bukan menjadi program inti penjualan melainkan hanya trik pemasaran.

“Diler memiliki kebijakan masing-masing terkait promosi yang ditawarkan, tapi akan disesuaikan kebutuhan konsumen saat Ramadhan sehingga pelanggan dapat merealisasikan pembelian mobil,” katanya kepada Bisnis.com, Minggu (28/6/2015).

Program penjualan akan berkaitan dengan bunga cicilan randah dan proses trade in agar saat membeli kendaraan baru konsumen merasa mendapatkan kemudahan. Misalnya, konsumen yang sudah kredit mobil selama 2-3 tahun bisa berganti mobil baru dan melanjutkan kredit dengan mobil lama sebagai biaya uang muka.

Mobil yang banyak diminati menjelang Lebaran umumnya di segmen multipurpose vehicle dan sporty utility vehicle. Semua kelas MPV dan SUV biasanya mengalami kenaikaan penjualan, karena dinilai dapat memuat lebih banyak penumpang dan barang dibandingkan dengan jenis mobil di segmen lainnya.

Mengunjungi diler Toyota di kawasan Pondok Indah, di sana low maupun medium MPV bisa mendaptkan potongan harga mencapai Rp20 juta. Sedangkan segmen hatchback dan dan low SUV masing-masing bisa memperoleh diskon Rp25 juta dan Rp15 juta.

Promo tersebut dilakukan menyambut Ramadhan dan hanya berlangsung hingga 30 Juni 2015. Setelah itu besaran diskon akan menjadi lebih kecil.

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Kia, berharap momentum Lebaran dapat mengatrol penjualan 20%-25%. Marcomm Division Public Relation Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Lawindri Liu menuturkan bahwa pihaknya menonjolkan semua segmen yang dijual Kia di pasar dalam negeri.

Menyambut Lebaran,  untuk setiap pembelian kendaraan Kia tipe apapun pelanggan akan mendapatkan cashback 8%. Kia pun menawarkan tenor angsuran hingga tujuh tahun dengan cicilan kendaraan mulai dari Rp2 jutaan.

Program tersebut berlaku untuk pelanggan di kawasan Jabodetabek. Sedangkan penawaran di luar area Jabodetabek yang berlangsung selama bulan Ramadhan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing daerah.

Pelanggan pun tak usah khawatir dengan kendaraan lama yang dimiliki saat ingin membeli Kia baru karena ada program trade in. Untuk purna jual, Kia memberikan diskon selama periode 15 Juni – 11 Juli 2015 sebesar 20% untuk jasa perbaikan, 10% untuk pembelian suku cadang, dan 10% untuk oli mesin maupun oli transmisi.

General Manager Marketing Strategy and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin mengatakan pihaknya memberikan keleluasaan bagi diler untuk memberikan diskon saat Ramadhan hingga 10%.

Di sisi lain, saat Lebaran permintaan mobil baru merek Nissan akan mengalami peningkatan di segmen MPV. Sehingga, ujar dia, NMI memberikan promo khusus di segmen tersebut. NMI memberikan penawaran uang muka dan bunga cicilan ringan disertai hadiah uang bensin bagi pemudik.

Tahun ini, Nissan berharap dapat mendulang 10% pertumbuhan total penjualan karena momentum Lebaran. “Tapi segmen MPV bisa lebih besar dari itu ya bisa mencapai 20%. Karena saat mudik Lebaran orang butuh angkut banyak yang diwakili MPV,” ujarnya.

Saat Bisnis menanyakan harga mobil MPV Nissan di sebuah diler masih di kawasan Pondok Indah, Evalia bisa mendapatkan potongan harga mencapai Rp18 juta. Begitu pula untuk All New Grand Livina. Sedangkan untuk Serena, yang mendapatkan diskon hanya untuk varian tertentu dengan besaran hingga Rp30 juta.

Pabrikan asal Jepang lainnya, Mitsubishi, seolah tak mau ketinggalan. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen pemegang merek Mitsubishi, memberikan promo penjualan di bulan Ramadhan.

“Kami memberikan sales program "free insurance" untuk kendaraan pajero. Untuk varian V6 free insurance dua tahun dan untuk mesin diesel satu tahun,” ujar Group Head MMC Sales Group PT KTB Imam Choeru Cahya.

Selain itu, ada pula program trade in untuk Pajero Sport dan Outlander Sport di luar yang sudah berlaku sebelumnya seperti financial package. Di sisi lain KTB berharap ada peningkatan penjualan Ramadhan hingga 10%.

Salah satu kendaraan yang akan mendongkrak penjualan tersebut adalah Pajero Sport di segmen SUV. Dia menambahkan, kendaraan tersebut lebih diminati karena memiliki kapasitas tujuh penumpang yang cocok di segala medan sehingga nyaman dibawa mudik ke daerah.

Terkait diskon, sebuah diler Mitsubishi di kawasan Jakarta Selatan menyebutkan, khusus Pajero Sport Dakar mendapat potongan harga Rp26 juta. Jumlah potongan akan ditambah Rp10 juta jika pembelian dilakukan secara kredit.

Sedangkan Outlander Sport didiskon Rp16 juta. Untuk Mirage potongan harganya sebesar Rp17 juta dan Delica Rp5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper