Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal IV, Penjualan Mobil Premium Diprediksi Meningkat

Panjualan kendaraan premium Jaguar dan Land Rover diklaim PT Grandauto Dinamika selaku agen pemegang merek akan meningkat 20%-30% pada kuartal kuartal IV/2014
Peluncuran salah satu sedan mewah/Antara
Peluncuran salah satu sedan mewah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Panjualan kendaraan premium Jaguar dan Land Rover diklaim PT Grandauto Dinamika selaku agen pemegang merek akan meningkat 20%-30% pada kuartal kuartal IV/2014.

Menurut Chief Operating Officer PT Grandauto Dinamika (GAD) Lisa Wijaya, konsumen luxury car di Indonesia terbilang unik. Untuk melakukan transaksi konsumen cenderung menunggu kondisi politik yang kondusif, dan berharap berimbas pada nilai rupiah yang stabil.

Optimisme peningkatan penjualan pada kuartal terakhir didorong dengan hasil penjualan Oktober yang terkatrol ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Lisa menyebut, pada bulan tersebut Land Rove terjual sekitar 40 unit dan Jaguar 7 unit.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis, sepanjang kuartal III/2014 Jaguar terlego 15 unit, rinciannya pada Juli 3 unit, Agustus 3 unit, dan September 9 unit. sedangkan Land Rover pada periode yang sama berhasil terjual 52 unit dengan rincian pada Juli 17 unit, Agustus 17 unit, dan September 18 unit.

“Kami mengawali kuartal IV/2014 dengan catatan bagus. Oktober masih ada pemesanan sisa IIMS, sehingga penjualan masih ok. Dengan raihan itu kami optimistis pada kuartal IV/2014 penjualan Land Rover akan naik 30% dan Jaguar 20% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” kata Lisa kepada Bisnis, Rabu (12/11/2014).

Lisa pernah mengatakan kepada Bisnis, pada 2014 GAD menargetkan Jaguar terjual 100 unit, dan Land Rover 400 unit. Dari data Gaikindo capaian penjualan GAD pada pada periode Januari-September 2014 baru 39 unit Jaguar dan 150 unit Land Rover. Ditambah dengan capaian penjualan pada Oktober yang disebutkan Lisa, akan sulit mengejar target awal tersebut.

Oleh karena itu menurut Lisa, kini pihaknya berharap capaian penjualan pada 2014 naik 100% dari tahun lalu. Berkaca dari tahun lalu GAD berhasil menjual 125 unit Land Rover dan 60 unit Jaguar dari berbagai seri. Hal itu dikarenakan pada 2013 GAD baru mendapatkan mandat sebagai agen resmi sejak Mei.

“Dengan hasil penjualan pada Oktober, bukan berarti penjualan pada kuartal IV akan mudah. Karena biasanya kuartal trakhir itu turun. Orang cenderung menunggu awal tahun. Tapi yang penting penjualan kami bisa mendekati target,” tutur Lisa.

Untuk menggenjot penjualan di akhir tahun, GAD memberikan penawaran paket pembelian. Selain itu, konsumen pun diiming-imingi hadiah menarik.

“Untuk menarik konsumen kami memang melakukan beberapa promosi. Penawaran paket pembelian melalui beberapa bank yang kami tunjuk untuk mempermudah pembiayaan. Ada juga hadiah langsung yang cukup menarik minat konsumen seperti foot step gratis,” ujar Lisa.

Selain itu, untuk menggenjot penjualan pada 2015 GAD akan membuka diler baru di kawasan Jakarta Selatan. Saat ini, GAD memiliki empat diler resmi, tiga diler berada di Jakarta dan satu diler di Surabaya. Menurut Lisa, pihaknya belum berencana memperluas jariangan keluar dari dua kota tersebut karena mempertimbangkan pasar.

Hingga saat ini, produk paling laris masih Land Rover Evogue dan Jaguar XF yang kontribusinya mencapai 40% dari seluruh penjualan GAD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper