Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Isi Garasi Budie Arie, Menkominfo Baru Pengganti Johnny G. Plate

Menkominfo Budi Arie Setiadi tercatat memiliki tiga unit kendaraan di garasinya berdasarkan LHKPN yang dilaporkan ke KPK. Apa saja?
Menkominfo Budi Arie Setiadi - Istimewa
Menkominfo Budi Arie Setiadi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada Senin, (17/7/2023).

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 23 Februari 2023, Budi tercatat memiliki alat transportasi dan mesin yang total nilainya mencapai Rp869 juta. 

Budi tercatat memiliki tiga unit kendaraan di garasinya. Secara rinci, dia memiliki satu unit mobil Honda HR-V RU5 1.8 RS tahun 2019 senilai Rp390 juta yang merupakan hasil sendiri. Selain itu, dia juga memiliki mobil VW Sciroco tahun 2014 senilai Rp260 juta.

Selain itu, Budi tercatat memiliki mobil Honda HRV tahun 2016 senilai Rp219 juta yang merupakan hadiah.

Budi pun memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp2,3 miliar, surat berharga Rp24,5 miliar, serta kas dan setara kas sebesar Rp10,6 miliar. Adapun harta terbesar Budi merupakan aset tanah dan bangunan dengan nilai mencapai Rp62.746.800.000.

Alhasil total kekayaan Budi Arie Setiadi mencapai Rp101,01 miliar berdasarkan laporan yang disampaikan pada 28 Februari 2023.

Budi Arie Setiadi ditunjuk sebagai Menkominfo Kabinet Indonesia Maju menggantikan Johnny G. Plate yang terjerat kasus korupsi BTS di Kejaksaan Agung.

Sebelum ditunjuk sebagai Menkominfo, Budi Arie menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) dan merupakan Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo).

Dalam karier politiknya, Budi Arie sempat menjabat sebagai Wakil Ketua PDI Perjuangan DKI Jakarta periode 1998-2001, dan Ketua Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta periode 2005-2010.

Ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencalonkan diri sebagai Calon Presiden, Budi Arie ditunjuk sebagai Ketua Umum DPP PROJO pada 2013-2014 yang turut berperan mengantarkan Jokowi ke Istana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper