Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pecinta Mobil Berlomba Kejar Piala Ketua MPR

Pecinta mobil yang mampu memberikan pengaruh positif untuk industri akan memperebutkan Piala Ketua MPR dengan total hadiah Rp1 miliar.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 16 Mei 2022  |  23:07 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Sidang Tahunan MPR RI 2021 / Youtube DPR RI
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Sidang Tahunan MPR RI 2021 / Youtube DPR RI

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua MPR sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo mengatakan bahwa tantangan modifikasi Indonesia Modification & Lifestyle Expo Black Stone LiveModz 2022 dimulai. Dengan total hadiah Rp1 miliar tersebut, lomba diikuti oleh para sultan di Tanah Air.

“Black Stone LiveModz Challenge 2022 yang mengusung tema Perang Bintang membuka kesempatan untuk lima car enthusiast yang mampu memberikan pengaruh positif untuk industri dan memperebutkan Piala Ketua MPR dengan total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp1 miliar,” katanya melalui pesan instan kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Pria yang disapa Bamsoet itu menjelaskan bahwa para car enthusiast yang ingin ikut serta dalam kompetisi dipersilakan untuk mengikuti syarat dan ketentuan yang nantinya akan ditetapkan. Proses seleksi peserta menjadi lima besar akan dilakukan hingga akhir Mei 2022 untuk menuju kompetisi puncak Black Stone LiveModz Challenge 2022.

“Proses modifikasi akan dimulai pada awal Juni 2022 mendatang. Dilanjut presentasi dan penjurian pada Juli 2022. Hasil modifikasi tersebut akan ditampilkan pada gelaran puncak Indonesia pada 1-2 October 2022 di Hall A, Jakarta Convention Center,” jelasnya.

Perang Bintang ini diikuti para pesohor Indonesia, influencers, hingga youtuber seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Andre Taulani, dan Gading Martin.

Sebelumnya, Bamsoet menuturkan bahwa seluruh kegiatan kompetisi akan ditayangkan secara digital melalui kanal Youtube miliknya, NMAA TV, dan di masing-masing kanal para modifikator peserta kompetisi.

Hal tersebut diharapkan bisa merangsang lebih banyak lagi lahirnya para modifikator muda yang bisa menggairahkan dunia otomotif khususnya di sektor modifikasi otomotif dan aftermarket.

“Kompetisi ini merupakan persembahan NMAA sebagai asosiasi modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia untuk turut serta memulihkan perekonomian nasional pasca pandemi Covid-19 melalui kegiatan modifikasi otomotif yang merupakan bagian dari sektor ekonomi kreatif,” ucapnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan bahwa bidang usaha modifikasi otomotif termasuk dalam turunan lima sektor bidang manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan dari Presiden Joko Widodo dalam mempersiapkan Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0.

Usaha modifikasi otomotif juga termasuk salah satu sektor usaha di UMKM yang mampu membuka banyak lapangan kerja sekaligus menggairahkan perekonomian nasional. Kehadiran menurutnya akan memberikan efek ekonomi berganda yang besar bagi masyarakat.

Bamsoet menilai perputaran uang dari sektor tersebut bisa mencapai puluhan hingga ratusan miliar rupiah setiap tahun. Untuk Amerika Serikat contohnya, dalam salah satu penelitian menemukan ada kecenderungan anak-anak muda tidak lagi aktif membeli mobil.

“Mereka memilih memodifikasi mobil yang sudah ada. Kalaupun mau membeli, mereka memilih membeli mobil yang sudah dimodifikasi. Hal tersebut juga akan terjadi di Indonesia. Memiliki 64 juta penduduk berusia 16 tahun - 30 tahun, membuat pengembangan usaha modifikasi otomotif sangat cerah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil mpr modifikasi mobil Bambang Soesatyo
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top