Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobil Susah Dinyalakan Saat Mudik, Coba Cek Filter Bensin

Filter bensin adalah komponen krusial untuk mejaga kebersihan bahan bakar yang masuk ke mesin.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  15:45 WIB
Ilustrasi mesin Mobil.  - Auto2000
Ilustrasi mesin Mobil. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA — Mempersiapkan mobil saat mudik Lebaran menjadi suatu keharusan agar tidak menghambat perjalanan. Satu hal yang perlu diantisipasi adalah filter bensin. 

Filter bensin adalah komponen yang menyaring bahan bakar sebelum masuk ke ruang pembakaran mesin. Bila bermasalah, bensin akan menjadi kotor dan dapat berakibat mesin mobil sulit dinyalakan, mogok, dan boros BBM. 

Dilansir dari Auto2000, letak penyaring bahan bakar ini berbeda-beda pada setiap mobil. Ada yang menyatu di fuel pump dalam tangki bahan bakar, ada pula yang tidak. Oleh karena itu, Anda harus hafal dengan lokasi filter bensin, terlebih saat merawat dan membersihkannya. 

Penyebab Filter Bensin Mobil Kotor

Seperti yang dijelaskan sekilas di atas, filter yang dibiarkan berusia lama dan terus menerus bekerja dapat menurun kinerjanya. Hal tersebut dapat dipicu karena penggunaan bensin berkualitas rendah.

Bensin kualitas rendah memang cenderung membuat filter kerja lebih keras. Bila sudah terlalu kotor, mengganti filter bensin mobil menjadi solusi terbaik.

Selain itu, filter bensin kotor juga bisa karena usia mobil yang sudah terlalu tua dan jarang diisi bahan bakar penuh. Tangki yang jarang diisi penuh berpotensi karat dan serpihan karat tersebut bisa saja terbawa ke saluran bahan bakar. 

Karat tersebut akhirnya menyumbat filter dan membuat bensin sulit masuk ke ruang pembakaran. Pada akhirnya pasokan bensin ke mesin tidak konsisten. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil tips otomotif
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top