Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Habis Lebaran Astra International (ASII) Bagi Dividen, Astra Daihatsu Sumbang Rp576 M

Astra Daihatsu Motor sebagai entitas anak menyumbang dividen bagi grup senilai Rp576 miliar. Setoran dividen itu meningkat 74 persen dibandingkan setoran pada 2020 sebanyak Rp330 miliar.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 02 Mei 2022  |  17:20 WIB
Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik pabrikan.  - ADM
Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik pabrikan. - ADM

Bisnis.com, JAKARTA- Astra International Tbk. (ASII) dijadwalkan akan membagikan dividen pada Mei ini. Dari laporan tahunan 2021 ASII, Astra Daihatsu Motor sebagai entitas anak menyumbang dividen bagi grup senilai Rp576 miliar.

Setoran dividen itu meningkat tajam dari periode tahun sebelumnya. Pada 2020, Astra Daihatsu Motor (ADM) menyetor dividen sebanyak Rp330 miliar.

Alhasil, ADM mencatakan kenaikan setoran dividen secara signfikan sekitar 74,54 persen. Kenaikan dividen ini seturut dengan peningkatan kinerja otomotif dari ADM.

ASII sendiri menggengam 31,87 persen saham ADM. Secara keseluruhan, kinerja ADM memang mengkilap pada tahun lalu.

ADM  mencatat penjualan retail sepanjang 2021 sebanyak 151.107 unit atau naik 51,1 persen dibandingkan dengan 2020. Dengan catatan itu, ADM berhasil mempertahankan posisi kedua sebagai merek mobil terlaris di Indonesia.

Salah satu faktor utama kenaikan signifikan penjualan tahun lalu adalah berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui diskon PPnBM yang berlangsung sejak Maret–Desember 2021. 

Selain itu, sepanjang tahun 2021 terdapat kemunculan puluhan produk baru yang mewarnai industri otomotif tanah air, khususnya Daihatsu dengan kehadiran Rocky pada April, Terios Eco Idle (September), dan All New Xenia (November).

Adapun sepanjang 2021, ada 10 model teratas mobil berpenumpang paling laris, yang 50 persen di antara model tersebut merupakan hasil produksi ADM (PT Astra Daihatsu Motor), seperti pada Avanza, Rush, dan Calya untuk brand Toyota, serta Sigra, dan Ayla untuk merek Daihatsu. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif industri otomotif astra asii daihatsu astra international PT Astra Daihatsu Motor
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top