Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebijakan Mobil Listrik Terbaru Tidak Berdampak ke Toyota

Toyota masih melihat dampak dari kebijakan terbaru pemerintah terkait kendaraan listrik berbasis baterai.
Lexus UX 300e. /Lexus
Lexus UX 300e. /Lexus

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Manufacturing Motor Indonesia  (TMMIN) mengatakan baleid pembebasan bea masuk impor IKD kendaraan listrik tidak akan berdampak terhadap produksi Toyota.

Hal ini dikarenakan produksi kendaraan listrik Toyota masih diimpor langsung dari Jepang. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azzam.

Bob mengatakan kebijakan pemerintah ini masih terbilang baru, sehingga pihaknya masih memperhitungkan skema produksi yang ada, di mana lebih menguntungkan impor atau memproduksi secara lokal.

"Tergantung volume juga kalau volume permintaan banyak, pasti lebih baik memproduksi secara lokal," ujar Bob kepada Bisnis (4/3/2022).

Adapun baru baru ini Pemerintah menetapkan tarif khusus Bea Masuk nol persen untuk kendaraan bermotor yang diimpor dalam kondisi tidak utuh dan tidak lengkap (Incompletely Knocked Down/IKD) melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-13/MK.010/2022 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6/PMK.010/2017 tentang Penetapan Sistem Klasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor yang ditetapkan tanggal 22 Februari 2022. 

Pemerintah beranggapan dari berbagai jenis barang yang diimpor, seperti impor dalam keadaan lengkap tapi belum dirakit (Completely Knocked Down/CKD) dan impor dalam keadaan lengkap dan utuh (Completely Built-Up/CBU).

PMK ini menyasar IKD karena jenis ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk perekonomian domestik mengingat komponen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB)  IKD yang belum lengkap dipenuhi dengan menggunakan komponen yang dihasilkan produsen dalam negeri.

Sehingga mobil listrik yang dirakit CKD atau IKD secara langgsung mendapatkan keuntungan dengan adanya kebijakan ini.

Bob pun menilai untuk saat ini kebijakan baru ini belum berdampak terhadap produksi Toyota dikarenakan mobil listrik milik Toyota yaitu Lexus UX300e masih diimpor dari Jepang.

Sekadar informasi, saat ini Toyota di Indonesia belum meluncurkan mobil listrik namun mempunyai beberapa mobil Hybrid seperti Camry, C-HR, Corolla Cross.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper