Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kinerja Produsen Mobil Jepang dari Toyota dan Honda Dkk Merangkak Naik

Toyota berhasil memetik pertumbuhan dan merajai pasar otomotif dunia. Koleksi penjualan pabrikan asal Jepang itu dibuntuti oleh Volkswagen (VW) yang justru tengah mengalami penurunan kinerja.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 13 Februari 2022  |  16:12 WIB
Petugas berdiri di dekat deretan mobil baru yang terparkir di PT Indonesia Terminal Kendaraan atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta, Kamis (11/2/2021).  - Antara Foto/Aprillio Akbar.
Petugas berdiri di dekat deretan mobil baru yang terparkir di PT Indonesia Terminal Kendaraan atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta, Kamis (11/2/2021). - Antara Foto/Aprillio Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA- Pemulihan pasar otomotif terbesar China dan Amerika Serikat telah mengungkit kinerja raksasa otomotif, Toyota Motor Corp. dan pabrikan asal Jepang lainnya. 

Seperti dikutip dari kyodonews.net, Minggu (13/2/2022), meskipun didera kelesuan akibat pandemi Covid-19 dan kelangkaan semikonduktor global, terjadi perbaikan kinerja penjualan otomotif secara global.

Grup Toyota telah merilis data penjualan yang melampaui 10,5 juta unit kendaraan pada tahun lalu. Jumlah produksi itu disumbangkan merek Toyota, Daihatsu, hingga produsen mobil komersial Hino Motors Ltd.

Pabrikan asal Jepang itu menyatakan masih terus berjuang mengembalikan tingkat produksi ke posisi normal. Walaupun, saat ini di beberapa basis produksi agak terganggu karena lonjakan infeksi Covid-19. Total penjualan Toyota inipun hanya berbeda tipis dari capaian pada 2019, hanya selisih 250.000 unit kendaraan.

Sebaliknya, kondisi bagi produsen besar lain seperti Volkswagen (VW) banyak faktor tidak menguntungkan. Dari data yang dirilis, pabrikan asal Jerman tersebut mengalami penurunan penjualan tahunan sebesar 4,5 persen, dengan total volume 8,88 juta unit. Kendala utama yang dihadapi VW adalah kelangkaan chip yang terjadi secara global.

Penjualan Toyota terdiri dari tiga merek grup tersebut mencakup Toyota, Daihatsu, dan Hino. Secara keseluruhan, pangsa pasar Toyota di luar Jepang mencapai 8,3 juta unit sepanjang 2021, sedangkan penjualan domestik sebesar 2,1 juta unit.

Selain itu, gabungan penjualan mobil global dari delapan pembuat mobil utama Jepang naik 6,1 persen menjadi 24,92 juta kendaraan, dengan semua produsen kecuali Subaru Corp mencatatkan kenaikan dalam jumlah. Namun, tidak ada yang mampu memenuhi tingkat pra-pandemi. 

Total penjualan Honda Motor Co tumbuh 0,7% menjadi 4,49 juta kendaraan, sedangkan Nissan Motor Co naik tipis 0,9 persen menjadi 4,07 juta unit.

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nissan toyota honda volkswagen
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top