Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMW dan Mercy Saling Klaim Sebagai Mobil Crazy Rich Terlaris di RI

BMW dan Mercedes-Benz baik di Indonesia maupun global telah memiliki sejarah rivalitas panjang.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  08:48 WIB
BMW M5 Competition.  - BMW
BMW M5 Competition. - BMW

Bisnis.com, JAKARTA — BMW dan Mercedes-Benz saling klaim sebagai mobil premium terlaris di Indonesia. Sebagaimana diketahui, kedua pabrikan kendaraan mewah asal Jerman ini telah memiliki sejarah rivalitas panjang. 

Adapun berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan internal BMW Group Indonesia, merek BMW membukukan penjualan retail atau dari dealer ke konsumen sebanyak 2.433 unit sepanjang 2021 atau naik 16,9 persen secara tahunan. 

Secara grup, BMW menjual dua merek di Indonesia, yakni BMW dan Mini. Sepanjang 2021, bila ditotal, penjualan kedua merek mencapai 3.102 unit atau naik 21 persen dibandingkan dengan 2020. 

Sementara itu, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia melaporkan penjualan retail 2.537 unit, naik 14 persen secara tahunan. Akan tetapi dalam catatan Gaikindo, Mercy mengirimkan 2.193 unit ke konsumen atau tumbuh 22,8 persen secara tahunan. 

President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan mengatakan performa tahun lalu disokong oleh varian model SUV yang sangat populer di kalangan pelanggan Indonesia.

Secara keseluruhan, SUV berkontribusi 54 persen terhadap total penjualan. Di antara kendaraan BMW terkemuka di segmennya adalah BMW X1, BMW X3, dan BMW X5. Ketiga model terlaris BMW pada tahun 2021 adalah BMW X1, yang menyumbang 27 persen dari total penjualan, BMW Seri 3 (25 persen), dan BMW Seri 5 (11 persen).

Pada segmen yang lebih khusus, sepanjang 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles memecahkan rekor sepanjang masa dengan total 132 unit. Ketiga model BMW M teratas pada 2021 adalah BMW M2 Competition (30 persen), BMW M4 Competition Coupè (18 persen), dan BMW M3 Competition (14 persen).

President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun mengatakan kontribusi penjualan terbesar diperoleh dari model GLC, GLE, dan C-Class. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif Mobil Mewah BMW Mercedes Benz
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top