Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di AS Mobil Jepang Tumbuh Subur, Toyota Jadi Juara

Penjualan Toyota unggul dari GM, yang biasa mendominasi pasar otomotif AS dengan selisih sekitar 100.000 unit. Toyota menjual 2.332 juta mobil di AS sepanjang 2021, sedangkan GM 2.218 juta unit.
Pabrik Toyota di Jepang. /Toyota
Pabrik Toyota di Jepang. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Motor Corp berhasil mengalahkan General Motors Co (GM) di pasar Otomotif Amerika Serikat sepanjang tahun 2021. Dilansir Automotive News dan Motor1, Rabu (5/1/2022), hal ini menjadi  yang pertama dominasi GM di AS sejak tahun 1931 dikalahkan.

Penjualan produsen mobil asal Jepang itu unggul dari GM dengan selisih sekitar 100.000 unit. Toyota menjual 2.332 juta mobil di AS sepanjang 2021, sedangkan GM 2.218 juta unit.

Senior Vice President of Automotive Operations Toyota Motor North America Jack Hollis mengatakan Toyota bersyukur kepada pelanggan setianya untuk mengutamakan keselamatan dan kepercayaan mereka pada kendaraan Toyota dan Lexus. 

"Menjadi nomor 1 tidak pernah menjadi fokus atau prioritas. Fokus perusahaan selalu menjadi merek terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan nilai di benak pelanggan," kata Jack Hollis

Adapun penjualan mobil jepang yang lain seperti Mazda mengalami peningkatan sekitar 20 persen sepanjang 2021. Mitsubishi mengalami peningkatan penjualan mobil sebesar 17 persen. Ini kali keempat Mitsubishi mencapai penjualan mobil 100.000 unit sejak 2007.

Nissan mengalami peningkatan penjualan mobil sebesar 9 persen dibandingkan 2020, meski sempat merosot hampir 20 persen di kuartal IV. Kemudian merek Korea Selatan, Hyundai, mengalami penurunan penjualan 23 persen di Desember 2021 bila dibanding periode yang sama 2020.

Sementara itu, penjualan mobil Porsche meningkat 22 persen selama 2021 meskipun sempat stagnan di kuartal IV. Terakhir, Kia, adik Hyundai, berhasil melampaui penjualan mobil tahun 2020 di 2021 dengan kenaikan sekitar 10 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper